Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2014, 10:57 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber HEALTHDAY

KOMPAS.com - Setiap orang tentu pernah menguap. Walau menguap identik dengan rasa mengantuk atau bosan, ternyata ada tujuan lain dari menguap.

Hasil sebuah studi terbaru menyebutkan, menguap merupakan kegiatan untuk mendinginkan otak yang "panas". Menurut peneliti studi asal Austria tersebut, saat udara di lingkungan lebih panas dari suhu tubuh, maka orang cenderung untuk banyak menguap guna "mendinginkan" otak mereka.

Dalam studi ini, tim peneliti yang diketuai oleh Jorg Massen dari University of Vienna melacak perilaku menguap dari orang-orang yang berjalan di Vienna, Austria, selama musim panas dan dingin. Peneliti kemudian membandingkan hasilnya dengan penelitian serupa yang dilakukan di Arizona.

Selain itu, peneliti juga melakukan penelitian lain pada sejumlah peserta untuk melihat gambar orang menguap. Tujuannya untuk memicu peserta mengalami apa yang disebut dengan "menguap yang menular". Peneliti kemudian menganalisis perilaku menguap peserta.

Hasil penelitian menunjukkan, orang-orang di Vienna lebih banyak menguap di musim panas ketimbang musim dingin. Hal ini justru bertolak belakang dengan mereka yang berada di Arizona. Peneliti juga menemukan, menguap yang menular paling banyak terjadi saat suhu udara berada sekitar 20 derajat celcius.

Studi yang dipublikasi dalam jurnal Physiology & Behavior itu pun menyimpulkan, menguap untuk mendinginkan otak tidak akan terjadi saat suhu lingkungan tidak sepanas atau lebih panas dari tubuh. Mekanisme mendinginkan otak juga tidak diperlukan di udara dingin.

Selama ini menguap dipercaya meningkatkan pasokan oksigen bagi tubuh, namun peneliti mengatakan tidak ada studi yang membuktikan demikian. Oleh karena itu mereka berpendapat, menguap yang terjadi secara spontan ataupun karena mengikuti orang di sekitar yang sedang menguap tetap bertujuan untuk mendinginkan otak.

Mendinginkan otak diketahui dapat bermanfaat bagi performa otak. Pendapat yang menyebut menguap bisa menular berhubungan pula dengan evolusi yang meningkatkan rasa awas pada sejumlah kelompok orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com