Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/05/2014, 16:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis


KOMPAS.com -
Kebanyakan ibu baru yang baru melahirkan memusatkan diri berlatih olah raga untuk menurunkan berat badan. Padahal ada organ yang lebih penting untuk dilatih. Latihan dasar panggul penting dilakukan untuk ibu baru agar otot di dekat organ intim jadi kencang.

Otot dasar panggul adalah otot yang paling mengalami tekanan saat seorang ibu sedang mengandung. Tekanan terjadi terlebih-lebih di bulan-bulan terakhir kehamilan. Batuk pun bisa menekan otot dasar panggul sedemikian kencang. Di bulan-bulan terakhir itu janin menekan otot dasar panggul sedemikian kuatnya hingga bagaimana pun kuatnya, otot itu berubah jadi lemah.

Otot dasar panggul yang melemah ini membuat ibu baru mengalami gangguan disfungsi dasar panggul. Prof. Dr. Junizaf, SpOG dari FKUI mengatakan hampir separuh perempuan yang sudah pernah melahirkan mengalami disfungsi otot dasar panggul. Disfungsi ini menjadikan ibu baru baru jadi tidak bisa menahan buang air kecil, beser atau sedikit-sedikit ingin buang air kecil. Lebih parah lagi, ibu baru tidak bisa menahan keinginan buang air besar.

Tentu saja disfungsi ini bisa menurunkan kualitas hidup perempuan setelah melahirkan. Produktivitas kerja pun terganggu karena waktu yang dihabiskan untuk bolak balik ke toilet.

“Karena itu ibu baru perlu melatih kembali kekuatan otot dasar panggulnya lewat terapi olah raga. Selain otot dasar panggul, yang dilatih adalah otot perut dan paha. Perbaikan kualitas hidup jadi lebih bagus jika latihan dasar panggul juga dibantu oleh latihan otot-otot perut dan paha,” kata Dr. Michael Triangto, SpKO, dokter ahli olah raga dari Slim + Health Sports Therapy Jakarta.

Latihan dasar panggul ini bisa juga memberi manfaat kehidupan seks yang lebih bagus. Tentu saja ada perbaikan kehidupan seks setelah berlatih senam ini. Namun yang terpenting bagi ibu tentu saja adalah berhentinya beser dan tak perlu bolak balik ke toilet. Dengan kata lain, kualitas hidup ibu meningkat.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com