Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2014, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Paling tidak 70 persen orang akan mengalami nyeri punggung pada suatu saat dalam hidup mereka. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan nyeri punggung, seperti terlalu banyak duduk atau pun posisi tidur yang salah dan sudah berlangsung bertahun-tahun.

Posisi tidur yang tidak tepat bisa menekan punggung dan menyebabkan sakit punggung. Posisi tidur juga berpengaruh pada nyeri punggung yang sudah diderita, entah itu membuat punggung lebih nyaman atau memperburuk sakitnya.

Menyamping

Posisi tidur yang paling umum adalah menyamping dengan kaki dan pinggul berada dalam satu garis dan tertekuk. Posisi ini akan menyebabkan bagian atas kaki tidak tersokong, lutut atas dan pinggul juga cenderung merosot ke depan sehingga bagian punggung bawah berputar.

Putaran ini bisa menyebabkan nyeri pada punggung atau pinggul. Untuk mencegahnya, letakkan bantal diantara lutut dan paha.

Telentang

Jika Anda terbiasa tidur telentang, letakkan bantal di bawah lutut untuk menjaga lengkungan alami pada bagian punggung bawah. Anda juga bisa meletakkan handuk kecil di bawah punggung untuk penopang tambahan. Sangga leher Anda dengan bantal. Posisi ini sangat membantu jika Anda menderita nyeri punggung bawah.

Tengkurap

Tidur tengkurap bisa berdampak negatif pada punggung. Jika Anda tidak bisa tidur dengan posisi lainnya, kurangi tekanan pada punggung dengan meletakkan bantal di bawah panggul dan perut bawah. Gunakan bantal di bawah kepala.

Periksa pula kasur Anda. Kasur harus menyediakan dukungan yang benar, rata, dan tidak melesak ke dalam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com