Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2014, 07:38 WIB

KOMPAS.com  - Menu masakan di restoran Cina terkenal banyak yang diolah dengan cara digoreng. Rasanya pun sarat dengan kombinasi asin dan manis. Hidangannya disajikan dalam takaran besar, berminyak, dan juga berlemak. Apakah itu terkesan cukup sehat bagi Anda? Jika Anda khawatir timbangan Anda bertambah, coba dulu 11 menu sehat di restoran Cina  berikut ini.

1. Sup Asam Pedas atau Sup Wonton
Sup gurih ini bisa Anda nikmati sebagai pembuka. Secangkir sup wonton (kaldu) mengandung sekitar 80 - 100 kalori. Penelitian telah menemukan, mengonsumsi sup kaldu sebelum makan bisa mengurangi porsi makan Anda secara total, alias cepat membuat perut kenyang.

2. Lumpia Sayuran
Sebagai makanan pembuka, hindari lumpia dengan telur dan daging. Pilihlah  lumpia sayuran sebagai gantinya. Camilan ini rata-rata mengandung sekitar 80 kalori per buah.

3. Pangsit Sayur
Pangsit sayur kukus ini mengandung 40 kalori. Nikmati dua pangsit lezat ini sebelum menyantap hidangan utama (total 80 kalori).

4. The Buddha's Delight
Ini campuran sayur dan tahu yang dikukus. Makanan rendah kalori dan tinggi protein ini mengandung sedikitnya 200 kalori.

5. Brokoli Ayam
Satu cangkir ayam dan brokoli mengandung sekitar 280 kalori. Untuk menurunkan jumlah kalori, Anda bisa meminta saus dan menggunakannya sedikit saja. Brokoli merupakan sayuran padat gizi dan tinggi vitamin C, vitamin A, kalsium, serat, dan antioksidan.

6. Udang dan Saus Kepiting
 Udang merupakan sumber protein yang tinggi dan mengandung sekitar 50 kalori (seperempat cangkir).

7. Udang Saus Bawang Putih
Selain udang, dalam hidangan ini juga terdapat sayuran (serat) dan kerang (protein).

8. Ayam atau Udang Kukus dengan Sayuran
Jika tidak dilapisi tepung roti dan digoreng, udang atau ayam bisa menjadi sumber protein tanpa lemak yang berkualitas tinggi. Protein dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan penting untuk membangun dan memelihara massa otot.

 9. Moo Goo Gai Pan
Ini merupakan salah satu makanan favorit karena kelezatannya. Terbuat dari sayuran ringan yang ditumis, seperti  jamur kancing, rempah-rempah, dan ayam yang diiris dadu. Satu porsi moo goo gai pan mengandung 275 kalori.

10. Sayuran Kukus dan Protein Tanpa Lemak Lain
 Setiap hidangan yang terdiri dari sayuran kukus dan protein tanpa lemak (ayam, kerang, udang, ikan, daging sapi, atau tahu) dengan saus merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan kalori yang rendah.
 
11. Jangan lupa Fortune Cookie!
Jangan lupa memesan kue klasik ini untuk menyempurnakan momen makan Anda. Per buahnya hanya mengandung 30 kalori.

Selamat menikmati pilihan menu sehat di restoran Cina  ini, ya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com