Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/05/2014, 09:19 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Baik orang dewasa maupun anak-anak memiliki kebutuhan cairan yang harus dipenuhi setiap harinya. Namun tidak seperti orang dewasa yang sudah sadar akan kebutuhannya untuk minum, anak-anak perlu diingatkan agar mereka tak sampai kekurangan cairan.

Anak-anak memang sering harus diingatkan untuk minum air. Bahkan, rasa haus pun tidak dirasa oleh mereka. Nah, bagaimana cara untuk menarik mereka minum air?

Dokter spesialis gizi klinik Saptawati Bardosono mengatakan, kunci supaya anak mau dan terbiasa untuk minum cukup air adalah membuat aktivitas minum menjadi menyenangkan. Misalnya, dengan menyediakan gelas dengan bentuk-bentuk lucu dan menarik, atau dengan sedotan berwarna-warni.

"Ini akan membangkitkan minat mereka untuk mau minum cukup air," kata dokter dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI/RSCM) ini beberapa waktu lalu di Jakarta.

Selain itu, menurut Saptawati, minum yang dilakukan bersama teman-temannya akan menambah minat mereka untuk melakukannya. Ia menambahkan, bila ada temannya yang sudah memiliki kebiasaan minum air yang cukup, buatlah temannya itu sebagai contoh untuk menambah motivasi si kecil.

Kendati demikian, Saptawati tidak menyarankan pemenuhan minum anak dari minuman yang manis. Pasalnya, minuman manis mengandung kalori kosong yang buruk bagi lingkar perut anak. Ditambah lagi, rasa manis bersifat adiktif sehingga anak cenderung untuk terus menagih minum minuman serupa selanjutnya.

Kebutuhan air anak berbeda-beda tergantung usia dan berat badan. Namun rata-rata untuk usia balita, anak membutuhkan 800 cc hingga satu liter air per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com