Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/06/2014, 17:31 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber LiveStrong

KOMPAS.com - Sakit tenggorokan sejatinya merupakan infeksi bakteri yang menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Beberapa gejalanya bahkan menyerupai flu seperti demam dan nyeri di tenggorokan.

Menurut University of Maryland Medical Center (UMMC), sakit tenggorokan kebanyakan terjadi pada anak-anak usia 5-15 tahun, namun juga dapat menjangkiti orang dewasa. Gejalanya bisa terjadi selama lima hari karena paparan dari bakteri.

Dokter umumnya meresepkan antibiotik untuk melawan penyakit ini. Meski begitu, sakit tenggorokan juga bisa diredakan dengan istirahat dan makan makanan yang tepat. Apa saja itu?

1. Minuman dingin
Minuman dingin seperti air atau jus membantu meredakan nyeri karena memberikan hidrasi pada tenggorokan. Minum cukup air juga dapat menjaga perlumasan pada tenggorokan yang mempermudah menelan.

2. Cairan hangat
Penelitian dari UMMC menunjukkan, cairan hangat juga dapat meringankan gejala sakit tenggorokan. Dalam penelitian itu, peneliti menyebutkan teh lemon atau madu sebagai pilihan yang terbaik. Namun pilihan lainnya yang bisa diminum yaitu cokelat hangat atau susu hangat.

Sup hangat yang terdiri dari sayuran, daging ayam, dan kacang juga dapat bermanfaat. Sayuran mengandung antioksidan yang memperbaiki fungsi sistem imun yang kuat, daging ayam dan kacang mengandung protein yang memperbaiki jaringan dan kekuatan fisik.

3. Pati lembut
Makanan yang kaya pati yang memberikan glukosa, sumber utama energi. Saat sakit, tenggorokan perlu makanan yang lembut, sehingga sangat cocok untuk memilih nasi lembut, pasta, atau kentang tumbuk.

4. Protein lembut
Protein merupakan zat gizi yang penting untuk pemulihan jaringan yang sakit. Namun untuk sakit tenggorokan, sebaiknya yang dipilih adalah sumber protein yang mudah dicerna, bukan yang pedas, tinggi lemak atau garing. Maka sumber protein yang berasal dari telur, yogurt rendah, atau keju lunak bisa menjadi pilihan yang baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com