Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2014, 17:37 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Tomat merupakan buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi, salah satunya adalah likopen. Manfaat likopen yang terkenal adalah mencegah kanker prostat. Namun, studi teranyar menyebutkan zat likopen juga menjaga kesehatan ginjal.

Studi itu menyatakan, konsumsi tomat dan buah yang mengandung likopen secara rutin dapat mencegah seseorang terkena kanker ginjal. Bahkan beberapa studi lainnya juga menemukan konsumsi buah-buahan dengan antioksidan yang memberikan warna kemerahan itu bisa mengurangi risiko sejumlah kanker lainnya.

Dalam studi baru, para peneliti melakukan analisis terhadap 92.000 wanita menopause yang diikuti sejak pertengahan 1990-an hingga 2013. Responden juga diminta mengisi kuesioner mengenai pola makan mereka, khususnya terkait jumlah mikronutrien, termasuk likopen, yang mereka konsumsi.

Dalam periode studi tersebut, sebanyak 383 responden didiagnosis dengan kanker ginjal. Setelah itulah, peneliti mulai menelaah hubungan antara kanker ginjal dengan jumlah vitamin yang dikonsumsi dalam pola makan, termasuk likopen, vitamin C, E, dan karoten.

Hasil menunjukkan, dari sekian banyak vitamin yang ditelaah, hanya likopen yang memiliki keterkaitan dengan penurunan risiko kanker ginjal. Wanita yang mengonsumsi likopen dalam jumlah yang lebih banyak mengalami penurunan 45 persen risiko kanker ginjal dibandingkan dengan mereka yang makan likopen yang lebih sedikit.

Dokter Won Jin Ho dari Case Western Reserve University di Ohio mengatakan, konsumsi tertinggi likopen yang dilakukan oleh responden dalam studi ini sama dengan konsumsi empat buah tomat setiap hari. Namun ia juga menegaskan, likopen tidak hanya didapat dari buah tomat saja, melainkan juga dari saus tomat atau buah lainnya yang mengandung likopen.

Kanker ginjal, meskipun prevalensinya tidak terlalu tinggi, namun dapat menyebabkan kerusakan organ yang berfungsi dalam penyaringan darah dan mengeksresikan zat-zat yang merugikan bagi tubuh tersebut. Kanker ginjal seringkali tidak bergejala saat masih dalam stadium awal, selanjutnya tanda-tandanya adalah ditemukannya darah pada urine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com