Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2014, 10:50 WIB

TANYA:

Halo prof Wimpie, saya sudah mengikuti rubrik ini sejak lama tapi baru sekarang berani ikut mengirimkan pertanyaan. Saya sudah menikah 15 tahun dan dikaruniai 3 anak. Suami adalah pria yang baik, tetapi saat di tempat tidur ia cukup egois. Ia menganggap seks sebagai kewajiban belaka. Tidak ada sesi foreplay, langsung tancap gas dan setelahnya ia tidur.

Saya sebenarnya juga kepengin dirayu dan dicumbu agar gairah naik, tapi suami tidak pernah melakukannya. Terkadang saya membayangkan bintang film pujaan yang perannya selalu romantis agar gairah seks saya meningkat. Bagaimana saran prof agar ganjalan dalam pernikahan ini bisa hilang. Terima kasih banyak penjelasannya.
 
Widuri, Jakarta

JAWAB:

Belum tentu suami Anda egois. Boleh jadi karena dia tidak mengerti bahwa hubungan seksual bukan sekadar sebaga suatu kewajiban begitu saja, atau hanya untuk memiliki keturunan. Mungkin juga suami tidak tahu bahwa Anda selama ini tidak puas. Saya pikir belum terlalu terlambat kalau Anda memulai komunikasi dengan suami. Anda sampaikan bahwa Anda tidak puas, bahwa Anda merindukan foreplay sebelum melakukan hubungan seksual.

Tanpa komunikasi saya pikir suami tidak akan berubah. Saya yakin dengan mengerti maka suami akan berubah dalam melakukan hubungan seksual. Tetapi kalau Anda biarkan terus, maka masalah lebih buruk akan muncul. Hilangnya gairah seksual merupakan salah satu akibat. Kalau ini terjadi, maka kehidupan seksual bersama suami menjadi semakin buruk. Jadi jangan sampai ini terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com