Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/06/2014, 12:33 WIB

KOMPAS.com - Prinsipnya ada 3 jenis detoks, yakni detoksifikasi untuk keracunan alkohol, detoksifikasi untuk keracunan obat, bisa ular atau racun lain, dan detoksifikasi untuk masalah metabolisme.

1. Detoksifikasi untuk keracunan alkohol
Muntah adalah tindakan awal untuk melakukan pengurangan kadar alkohol, akan tetapi harus dibantu dengan pemberian cairan elektrolit guna mengatasi kekurangan cairan tubuh. Setelah itu dokter akan memberikan obat-obatan lain untuk membantu proses pembuangan alkohol dari liver.

2. Detoksifikasi untuk keracunan obat, bisa ular atau racun lain
Untuk sengatan bisa ular, misalnya dokter akan memberikan
- Suntikan penisilin kristal sebanyak 2 juta unit secara intramuskular
- Obat sedasi atau analgesik untuk menghilangkan rasa takut cepat mati/panik
- Serum antibisa. Karena bisa ular sebagian besar terdiri dari protein maka sifatnya adalah antigenik sehingga dapat dibuat dari serum kuda.

3. Detoksifikasi untuk metabolisme
Bisa menggunakan materi yang kaya akan glutahione, seperti avokad atau asparagus, untuk membantu proses detoksifikasi liver. Bisa juga menggunakan daun cilantro atau daun ketumbar untuk melakukan detoksifikasi merkuri, atau menggunakan sayuran organik aloe vera untuk detoksifikasi tinja di usus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com