Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Keluhan Kesehatan, Tapi Hasil Pemeriksaan Normal

Kompas.com - 06/07/2014, 14:37 WIB

TANYA:

Dok, saya mau nanya, dada bagian tengah atas sakit bila di tekan dok, dan terkadang apa bilang bernafas atau menggerakan badan ada berbunyi "tek". Bahu, lengan sebelah kiri terasa sakit, lemas. Saya sangat berat bernafas baik saat beraktivitas maupun tidak, apalagi saat saya berbaring rasanya sangat berat bernafas.
 
Sebulan yang lalu saya sudah berobat ke dokter spesialis dalam, hasil rontgen, EKG, USG, tes darah, Urine, semuanya normal. Dan diagnosa dokter tersebut mengatakan banyak gas lambung saya dan terlalu banyak pikiran. Tapi sampai sekarang saya masih merasakan ketidaknyaman pada dada saya dan berat bernafas. Adakah solusi dok buat saya?
 
Nico (23), Palembang
 
JAWAB:

Saudara Nico di Palembang

Melihat keluhan saudara, terutama nyeri di dada bagian tengah waktu ditekan, biasanya sudah dapat menyingkirkan bahwa keluhan itu berasal dari gangguan jantung. Jadi, saudara tidak perlu khawatir terlalu jauh dan mengangap itu sebagai gejala kelainan pada jantung.

Nyeri pada daerah tertentu waktu digerakkan, nafas terasa berat baik waktu aktifitas atau tidak juga dapat menyingkirkan bahwa keluhan itu bukan dari kelainan pada jantung. Apalagi pada pemeriksaan lain seperti laboratorium, Rontgen, EKG, USG dan konsultasi dengan Dokter penyakit dalam tidak ditemukan kelainan fisik.

Banyak penyebab nyeri dada, tetapi nyeri dada yang sakit waktu ditekan, waktu digerakkan kemungkinan besar adalah akibat kelianan pada sendi atau otot dada, faktor psikis juga dapat menjadi pencetusnya, gangguan asam lambung tidak bisa disingkirkan.

Saran saya,  sementara saudara berolahraga teratur, minimal 30-40 menit dalam sehari, mengurangi makanan yang iritatif, berhenti merokok bila saudara seorang perokok, tidur yang cukup, dan berpikir positip. Bila keluhan saudara tetap berlanjut dan semakin berat sebaiknya saudara tetap konsultasi ke dokter penyakit dalam, dan bila perlu ke dokter penyakit dalam konsultan psikosomatik.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com