Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/07/2014, 10:08 WIB

KOMPAS.com- Gatal-gatal dan ruam pada kulit tanpa ada penyebab yang jelas? Coba cek perangkat gadget Anda. Tablet yang populer seperti iPad ternyata mengandung nikel, salah satu metal yang kerap menyebabkan alergi.

Alergi nikel bisa berasal dari berbagai gadget, termasuk laptop dan ponsel. Seorang bocah laki-laki berusia 11 tahun dari San Diego juga dilaporkan mengalami gatal-gatal di seluruh tubuhnya setelah menggunakan iPad.

Gatal dan ruam akibat nikel memang tidak mengancam nyawa, tetapi tentu tidak nyaman. Bahkan, jika ruam pada kulit menjadi infeksi dokter harus meresepkan antibiotik dan obat steorid.

Bocah dari San Diego tersebut dilaporkan mengalami ruam yang berbeda dengan ruam alergi pada umumnya. Pengobatan biasa yang diberikan juga tidak berpengaruh sehingga dokter malukan tes alergi. Hasilnya menunjukkan ia alergi nikel.

Nikel biasanya terdapat dalam lapisan luar produk gadget. Meski begitu, pihak Apple dan Microsoft menolak berkomentar apakah produk mereka mengandung nikel. Memang tidak semua produk gadget memakai di lapisan luarnya karena bisa menghambat sinyal radiofrekuensi.

Reaksi alergi biasanya timbul pada orang yang sensitif dan kontak dengan produk yang mengandung nikel cukup lama. Alergi nikel juga bisa diketahui jika seseorang juga mengalami ruam dan gatal akibat perhiasan, kacamata, dan produk pemantik api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com