Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2014, 09:30 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber HEALTHDAY

KOMPAS.com -
Bahan pangan organik selama ini dipilih orang yang ingin mendapatkan sumber pangan yang lebih alami. Ini karena pangan organik ditanam tanpa penggunaan pestisida. Namun sebuah tinjauan baru menemukan, bahan pangan organik mungkin juga lebih sehat.
 
Studi tersebut mengemukakan, bahan pangan organik mengandung lebih banyak antioksidan, residu pestisida yang lebih sedikit, dan kandung kadmium metal toksik yang lebih rendah kadarnya dibandingkan dengan bahan pangan non-organik.
 
Penulis studi Charles Benbrook yang juga profesor di Center for Sustaining Agriculture and Natural Resources di Washington State University mengatakan, bahan makanan dari tanaman yang ditanam secara organik mengandung peningkatan manfaat nutrisi yang signifikan, serta pengurangan risiko paparan kadmium dan pestisida.
 
Benbrook mengatakan, studi baru ini menemukan hasil yang lebih spesifik untuk nutrisi dalam bahan pangan organik dan kadar kadmium dalam pangan non-organik daripada studi yang sebelumnya. Pada 2012, American Academy of Pediatrics mengungkapkan, bahan pangan organik lebih sehat daripada yang non-organik.
 
Dalam studi baru yang dipublikasi dalam British Journal of Nutrition tersebut, para peneliti menganalisis 343 studi lainnya. Rata-rata kadar antioksidan meningkat 17 persen pada pangan organik daripada pangan non-organik. Beberapa senyawa antioksidan itu adalah flavonon, flavonol, dan antosianin.
 
Peneliti percaya, antioksidan dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan karena merokok, stres, dan konsumsi daging olahan yang berisiko tinggi mengandung elemen-elemen berbahaya bagi tubuh.
 
Kendati demikian, hasil studi ini masih menjadi kontroversi pada sebagian ahli. Carl Winter, wakil ketua departemen ilmu dan teknologi pangan dari University of California mengatakan, pertanyaan yang paling penting terkait toksisitas adalah seberapa banyak kadmium yang memapar tubuh, bukan pada perbedaan kadarnya pada pangan organik dengan non-organik.
 
"Sedangkan, kandungan residu pestisida pada bahan pangan organik tidaklah terlalu mengejutkan. Pasalnya memang bahan pangan organik ditanam dan ditumbuhkan tanpa pestisida," ujarnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com