Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2014, 17:14 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com -
Kabar mengejutkan datang dari Malaysia Airlines yang diduga jatuh tertembak di di Ukraina Selatan saat tengah menempuh perjalanan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur, Kamis (17/7/14).

Kabar tersebut seakan membuka kembali luka yang terjadi saat terjadi kecelakaan pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 beberapa bulan lalu, yang hingga kini belum ditemukan. Rentetan kejadian ini mungkin akan menimbulkan trauma bagi sebagian orang sehingga takut untuk menaiki pesawat.

Padahal bila dilihat lebih luas lagi, kecelakaan pesawat hanyalah sebagian kecil dari total penerbangan yang pernah dilakukan. Sebagian besar penerbangan berakhir dengan selamat. Memori buruk memang lebih sering diingat dibandingkan memori baik.

Sebenarnya masih banyak aktivitas yang terkesan aman, tetapi sebenarnya justru lebih berbahaya dari menumpang pesawat.

1. Tersambar petir
Menurut National Security Council, tersambar petir merupakan salah satu penyebab kematian paling jarang. Menurut data organisasi tersebut, risiko tersambar petir hanyalah satu banding 136.011, namun tetap lebih tinggi daripada kematian akibat kecelakaan pesawat yang memiliki risiko 1 berbanding 11 juta.

2. Orang kidal menggunakan barang dengan tangan kanan
Bila terbiasa menggunakan tangan kiri atau lebih dikenal juga dengan istilah kidal, menggunakan barang-barang dengan tangan kanan mungkin akan menyulitkan. Ternyata hal itu juga dapat memicu kematian. Setiap tahun, ada 2.500 orang kidal yang meninggal karena menggunakan barang yang diperuntukkan bagi orang yang tidak kidal. Dengan begitu, risiko kematian akibat hal itu 20 kali lebih besar daripada kematian akibat menumpang pesawat.

3. Mandi di bak
Sebuah studi menunjukkan, risiko kematian dari mandi di bak mandi adalah satu berbanding 818.015. Risiko kematian ini tidak hanya karena tenggelam di bak mandi, tetapi juga karena kesulitan bernapas akibat busa sabun mandi, terpeleset, atau kepala terbentur bak mandi.

4. Bakteri penyakit saluran pernapasan bawah
Ini merupakan sesuatu yang terlalu serius untuk diabaikan. Setiap tahun, bronkitis dan emfisema membunuh 11.000 orang, atau 100 kali lebih mematikan daripadar risiko kerena menumpang pesawat.

5. Kecelakaan lalu lintas
Meninggalkan rumah sebenarnya cukup berisiko untuk mengancam jiwa, termasuk menaiki pesawat dan menaiki kendaraan di jalan raya. Di Indonesia,  menurut data Kementrian Perhubungan pada arus mudik 2012 terjadi lebih dari 5.100 kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal sebanyak 908 orang, 72 persennya melibatkan sepeda motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com