Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Berat Badan, Ini Alasan untuk Makan Sehat

Kompas.com - 19/07/2014, 13:05 WIB

KOMPAS.com - Mengadopsi pola makan sehat demi penampilan yang lebih menarik tentu sah-sah saja. Namun, alasan seperti itu umumnya tak cukup kuat untuk membuat kita terus berkomitmen menjaga asupan makanan.

Pada dasarnya pola makan sehat harus menjadi bagian dari gaya hidup agar tubuh senantiasa sehat dan bebas penyakit. Dengan demikian kita tak akan merasa tersiksa menjalaninya.

Pola makan sehat adalah yang lebih banyak bahan-bahan alami seperti sayuran dan buah, tidak terlalu banyak memakai zat pengawet atau perasa, serta membatasi makanan yang telah melalui proses rekayasa panjang.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa diet sehat bermanfaat untuk tubuh, pikiran, dan hidup.

- Meningkatkan produktivitas
Berbagai studi mengenai produktivitas kerja menyimpulkan bahwa karyawan yang sehat adalah pekerja yang paling produktif. Salah satu hal yang bisa menurunkan produktivitas seseorang antara lain malas olahraga serta malas mengonsumsi buah dan sayur.

- Menjaga mood
Berbagai kandungan alami yang terdapat dalam makanan ternyata berdampak positif pada mood. Misalnya saja polifenol yang terdapat dalam cokelat hitam dan diketahui bisa membuat kita merasa lebih bahagia. Sayangnya, cokelat adalah makanan tinggi kalori dan bisa menyebabkan gemuk.

Kabar baiknya, polifenol juga terdapat pada makanan lain, misalnya saja buah-buahan keluarga berry, anggur, ceri, kedelai, teh hitam, dan masih banyak lagi. Sebaiknya konsumsi makanan ini saat sedang merasa stres dan perlu meningkatkan mood positif.

- Menyehatkan jantung
Penyakit jantung menjadi pembunuh utama manusia modern. Oleh karena itu kita perlu melindungi organ yang sangat vital ini. Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengurangi asupan daging merah yang diproses, misalnya saja ham, bacon, atau sosis.

- Melindungi dari penyakit
Penyakit jantung bukan satu-satunya penyakit yang timbul akibat pola makan tidak sehat. Gizi seimbang dan bervariasi akan menjauhkan kita dari berbagai penyakit, mulai dari osteoporosis, kegemukan, hingga kanker.

- Memperpanjang usia
Selain mencegah penyakit, pola makan yang sehat dan didominasi bahan-bahan alami, bisa memperpanjang usia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com