Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/07/2014, 15:23 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber WebMD


KOMPAS.com -
Sebelum melakukan pemeriksaan kolesetrol, biasanya beberapa jam sebelumnya orang dianjurkan untuk berpuasa. Namun sebuah riset baru menemukan, hasil pemeriksaan kolesterol orang yang puasa tidak memiliki perbedaan signifikan dengan orang tanpa puasa sebelumnya.

Hal inilah yang membuat peneliti percaya puasa sebelum pemeriksaan kolesterol sebenarnya tidak perlu dilakukan.

Menggunakan data dari survei kesehatan dan nutrisi nasional, peneliti asal New York University School of Medicine menemukan, kadar low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol "jahat" yang tinggi berhubungan dengan risiko kematian yang lebih tinggi. Kadar ini tidak berpengaruh bila diperiksa dengan atau tanpa puasa sebelumnya.

Peneliti senior Sripal Banglore dari universitas yang sama mengatakan, berdasarkan tatacara klinis dokter selalu menganjurkan pasien untuk berpuasa sebelum menjalani pemeriksaan kolesterol. Maka ketika seseorang datang untuk pemeriksaan kolesterol namun belum berpuasa di malam sebelumnya, orang itu perlu datang lagi keesokan harinya untuk mencoba lagi. Belum lagi mereka juga perlu datang di hari lainnya untuk melihat hasilnya.

"Ini tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan, baik bagi pasien maupun dokter. Kebanyakan pasien juga akhirnya tidak datang karena tidak punya waktu untuk datang kembali lagi," ujarnya.

Dalam studi yang dipublikasi dalam jurnal Circulation ini, peneliti melakukan analisis pada 8.598 orang yang menjalani pengukuran kadar kolesterol. Peneliti juga mengikuti peserta sekitar 14 tahun.

Peningkatan kadar LDL berhubungan dengan kenaikan risiko kematian akibat alasan apapun bagi mereka yang puasa atau tidak sebelum menjalani pemeriksaan kolesterol. Kelompok yang sama juga memiliki risiko kematian yang lebih tinggi untuk penyakit jantung dan pembuluh darah.

Menurut Bangalore, tatacara puasa sebelum pemeriksaan kolesterol hanyalah opini dari para ahli, tetapi tidak terbukti. Ditambah lagi, penyakit datang ketika orang makan normal, bukan puasa. Sehingga pengukuran kadar kolesterol yang "sesungguhnya" seharusnya dilakukan ketika tubuh tidak berpuasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com