Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2014, 07:35 WIB

KOMPAS.com - Maksud hati membatasi kalori, apa daya perut terus menerus keroncongan. Perut yang cepat lapar kembali walau sudah diisi memang menjadi keluhan banyak orang. Jika diabaikan, kondisi ini bisa membuat kita sulit berkonsentrasi. Tapi jika dituruti, bisa-bisa jarum timbangan terus bertambah.

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah perut tak mudah lapar.

1. Olahraga
Cukup banyak orang yang justru makan lebih banyak setelah berolahraga. Malah, jumlah kalori yang masuk lebih besar dari yang baru dibakar. Sebenarnya lingkaran ini bisa diputus dengan melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan atau menganggap kegiatan olahraga sebagai sesuatu yang fun.

Cukup banyak aktivitas fisik yang sebenarnya membakar kalori tapi tak terasa "berat" seperti olahraga, misalnya saja menari, berjalan kaki, naik sepeda, berenang, dan masih banyak lagi. Walau kalori yang dibakar tak sebanyak jika Anda berolahraga di gym, tapi jika dilakukan rutin setiap hari tentu hasilnya tak akan mengecewakan.

2. Cukup tidur
Kurang tidur bukan hanya membuat nafsu makan meningkat, tapi juga membuat kita lebih tertarik pada makanan junk food. Penelitian juga menunjukkan, kurang tidur akan membuat kita makan lebih banyak, terutama karbohidrat dan lemak. Jadi, tak ada lagi alasan untuk tak memprioritaskan waktu tidur.

3. Minum air putih
Mengonsumsi cukup air putih telah terbukti bisa menekan nafsu makan. Sebuah studi menunjukkan, orang yang minum 7 gelas perhari mengonsumsi 200 kalori lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang minum air putih satu gelas. Minum segelas air putih sebelum makan juga bisa menjadi trik untuk membuat perut terasa lebih kenyang sehingga asupan makanan berkurang.

4. Makan tepat waktu
Tubuh kita menyukai konsistensi, termasuk makan secara tepat waktu. Cobalah sarapan paling tidak satu jam setelah bangun tidur dan ambil jeda 3-4 jam sebelum makan siang. Makan sesuai waktu makan akan mengurangi keinginan untuk ngemil. Selain itu, perhatikan pula jenis makanan. Selalu konsumsi protein tanpa lemak, lemak nabati (seperti alpukat), dan sedikit porsi pati sehat. Pola makan ini akan membuat tubuh selalu berenergi.

5. Kendalikan stres
Stres adalah pemicu utama rasa lapar. Ketika kita sedang stres, hormon tertentu akan meningkat sehingga kita cenderung mencari sesuatu yang membuat nyaman. Makanan yang mengandung lemak atau gula biasanya adalah sesuatu yang bisa menimbulkan rasa nyaman. Kondisi ini akan terus berulang jika kita tak bisa mengendalikan stres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com