Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2014, 16:26 WIB

TANYA:
Dok, mau tanya nih. Saya kan seumur-umur belum pernah membersihkan plak ke dokter gigi. Jadi dok, gigi saya berlubang, ada yang rapuh dan gusinya pun ikut berlubang akibat plak. Sebaiknya solusi dari dokter seperti apa dan apa masih bisa diperbaiki gigi saya? terima kasih dokter
Aldy (24), Pekanbaru


JAWAB:
Halo Aldy di Pekanbaru,
Mengenai kasus Anda, tentu saja masih dapat diperbaiki. Untuk kasus plak yang sudah menumpuk dan gusi yang kurang sehat, dapat dilakukan pembersihan plak dan karang gigi oleh dokter gigi. Setelahnya, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter gigi mengenai cara menjaga kesehatan rongga mulut untuk dilakukan setiap harinya. Antara lain mengenai pemilihan sikat gigi dan pasta gigi yang tepat, gerakan menyikat gigi yang tepat, dan sebagainya.

Berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan dalam menjaga kesehatan rongga mulut paska pembersihan plak dan karang gigi:

1. Melakukan pembersihan mekanis dengan sikat gigi dengan teknik dan frekuensi yang tepat, karena awal mula terbentuknya karang gigi berasal dari sisa makanan yang menempel di permukaan gigi dan tidak dibersihkan.

2. Menggunakan dental floss (benang gigi) untuk pembersihan mekanis tambahan bagi gigi-gigi yang berjejal, yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

3. Menggunakan obat kumur sebagai agen antibakteri bagi rongga mulut (penggunaan dan dosisnya dapat dilihat pada petunjuk kemasan obat kumur).

4. Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin c (misalnya buah kiwi dan stroberi) untuk menjaga kesehatan gusi.

5. Mengkonsumsi sayuran hijau yang mengandung serat untuk pembersihan gigi secara alami.

6. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok, dan kurangi kebiasaan minum teh atau kopi.

7. Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan gigi ke dokter gigi (biasanya 6 bulan sekali, tetapi setiap individu berbeda-beda kebutuhannya).

Sedangkan untuk kasus gigi berlubang, dapat segera dilakukan penambalan setelah dilakukan pembersihan plak serta karang gigi. Dokter gigi akan menyarankan kepada anda, gigi mana saja yang perlu dilakukan penambalan atau perawatan lainnya jika diperlukan.

Demikian Aldy, semoga informasinya bermanfaat. Salam gigi sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com