Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2014, 14:09 WIB

KOMPAS.com - Selain keterlambatan bicara, ada beberapa gangguan bicara yang kerap ditemui pada anak, berikut diantaranya:

Suttering atau Gagap
Gagap merupakan pengulangan dan memperpanjang penyebutan silabel tertentu yang mengganggu komunikasi. Faktor yang menyebabkan adalah faktor genetis dan lingkungan.

Sekitar 71 persen gagap ditemukan menurun dari orangtua dan 29 persen disebabkan oleh lingkungan. Lingkungan yang dapat menyebabkan gagap dapat berupa lingkungan yang menganggap bahwa gagap merupakan sesuatu yang lucu dan menyenangkan.

Saat anak melihat orang lain menertawakan kegagapannya, ia pun merasa bahwa gagap merupakan hal yang dapat membuat orang lain tertawa sehingga anak mengondisikan dirinya gagap.

Tetapi jika anak menemukan bahwa lingkungan tidak menghargai gagap tersebut, anak akan menghentikan kegagapannya tersebut. Biasanya, anak-anak akan menghilangkan gagap tersebut seiring dengan perkembangan mereka.

Gangguan perkembangan artikulasi atau phonological disorder
Phonological disorder adalah masalah perkembangan bahasa yang meliputi artikulasi atau produksi suara. Anak dengan gangguan ini mempunyai kesulitan dalam mengatur rate of speech atau terhambat dalam mempelajari artikulasi dari suara-suara tertentu.

Beberapa suara yang sering disalahartikan adalah i,r,s,z,th, dan ch. Phonological disorder seringkali terjadi pada anak usia prasekolah. Namun seiring bertambahnya usia anak, biasanya anak dapat mengatasi permasalahan ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com