Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2014, 09:34 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Ada sebagian orang yang terlihat lebih muda dari usianya. Sebaliknya, ada juga orang yang masih muda tapi sering dikira berusia lebih tua. Penuaan memang merupakan hal yang tidak bisa dihindari, namun seberapa cepat Anda menua tergantung pada gaya hidup dan kebiasaan Anda.

Bila penampilan wajah yang menua tidak terlalu menjadi masalah bagi Anda, namun ingat, penuaan bukan hanya terjadi di wajah. Sel-sel tubuh pun bisa mengalami penuaan yang berakibat pada meningkatkan risiko penyakit.

Nah, karena itu ketahuilah hal-hal yang mempercepat proses penuaan berikut.

1. Menggunakan sabun mandi untuk wajah
Kulit memiliki lapisan alami yang bersifat protektif. Ketika terbiasa mencuci wajah dengan sabun mandi yang kaya dengan alkalin untuk membersihkan wajah, maka hal itu akan merusak lapisan ini dan membuat kulut kering. Kulit kering sangat rentan menjadi keriput yang membuat kesan tua.

2. Pola makan tidak sehat
Makan terlalu banyak daging olahan dan lemak tak ssehat lainnya tak hanya dapat menambah lingkar pinggang Anda, tetapi juga mempengaruhi penampilan tubuh secara keseluruhan. Karena itu, sebaiknya perkaya makan makanan alami seperti sayur dan buah yang juga mampu memberikan Anda nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit, otot, dan tubuh.

3. Kurang tidur
Tidak mendapat cukup tidur dapat meningkatkan risiko kesehatan seperti obesitas dan penyakit jantung. Kurang tidur mempengaruhi fungsi seluruh organ termasuk kulit, organ terluas yang meliputi seluruh tubuh.

4. Tidak menggunakan tabir surya
Radiasi sinar ultraviolet dapat menyebabkan jaringan kolagen dan elastis rusak sehingga kulit lebih mudah keriput. Menggunakan tabir surya mampu melindungi kulit dari paparan cahaya yang memberikan dampak buruk padanya.

5. Tidak berolahraga
Olahraga secara rutin mampu melancarkan peredaran darah. Berolahraga juga dapat mengencangkan otot dan mencegah kulit menjadi keriput. Maka berolahraga lah untuk tampak selalu awet muda!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com