Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2014, 10:54 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis


KOMPAS.com
— Makanan sehat adalah kunci untuk hidup sehat dan menurunkan berat badan. Satu poin penting dalam menerapkan pola makan sehat adalah menentukan porsi yang tepat. Dengan porsi berlebih, makanan sehat tak lagi membantu menurunkan berat badan. Berikut ini tipsnya:

1. Sereal siap santap
Sereal yang sehat tentu saja yang tak manis dan mengandung gandum utuh. Namun, mengonsumsi sereal gandum berlebihan bisa mendatangkan malapetaka. Malapetaka datang lebih besar ketika sereal yang dikonsumsi berlebihan berupa granola.

Dr Lisa Young yang menulis The Portion Teller Plan menyarankan kita untuk mengonsumsi lebih kurang 30 gram sereal untuk sarapan. Ia menyarankan juga untuk membaca label makanan dan menakar sereal sebelum kita menuangkannya ke dalam mangkuk.

2. Kacang-kacangan
Kacang adalah camilan sehat yang mengandung lemak sehat dan cepat membuat kita kenyang. Namun, kacang bisa membahayakan penurunan berat badan ketika dimakan berlebihan. Dr Young menyarankan camilan kacang sebanyak 30 gram saja, lebih kurang satu genggam tangan untuk menghindari makan berlebihan.

3. Minyak zaitun
Salad dengan minyak zaitun tentu saja sehat. Namun, minyak zaitun tetaplah mengandung paling tidak 100 kalori per satu sendok makan. Porsi minyak zaitun yang disarankan oleh Dr Young adalah satu sampai dua sendok makan untuk setiap salad yang disantap.

4. Jus jeruk segar
Minum jus jeruk yang dibuat dari jeruk segar pasti menyehatkan. Kita bisa memperoleh serat dan juga vitamin serta mineralnya langsung. Namun, kebanyakan mengonsumsi jus jeruk segar juga tak bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Ia menyarankan konsumsi jus jeruk segar ini hanya segelas sehari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com