Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2014, 15:50 WIB


TANYA:

Dok, istri saya sepertinya kehilangan gairah seks. Jika saya menyentuh bagian sensitifnya dia merasakan kegelian seperti digelitik. Saya juga pernah memakai obat perangsang, tapi khasiatnya hanya bisa satu kali. Setelah itu ia seperti itu lagi, tidak ada gairah. Apa yang salah ya dok. Saya mohon pencerhannya. Terima kasih dok.

Mr.D, (24), Bengkulu

JAWAB:
Hilangnya gairah seksual merupakan salah satu gangguan fungsi seksual. Keadaan ini dapat dialami oleh pria maupun perempuan, tetapi jauh lebih banyak terjadi pada perempuan.

Banyak hal yang dapat mengakibatkan hilangnya atau tertekannya gairah seksual, baik faktor fisik maupun psikis. Salah satu penyebab fisik ialah berkurangnya kadar hormon testosteron. Sebagai contoh, perempuan pengguna kontrasepsi hormon, dapat mengalami gangguan ini. Perempuan diabetes yang tidak terkontrol juga dapat mengalami.

Contoh penyebab psikis ialah sering gagal mengalami orgasme sebelumnya.  Jadi harus diketahui apa penyebab hilangnya gairah seksual istri Anda. Untuk itu diperlukan evaluasi dan pemeriksaan. Berdasarkan penyebab kemudian diberikan pengobatan.

Mengenai “obat perangsang” yang pernah digunakan, saya tidak yakin ada “obat perangsang”. Boleh jadi itu hanya produk tidak ilmiah tetapi diiklankan sebagai “obat perangsang”. Jadi wajar kalau tidak bermanfaat.Saya sarankan istri Anda berkonsultasi lebih lanjut untuk mendapat pemeriksaan.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com