Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2014, 15:46 WIB

KOMPAS.com - Liburan memang identik dengan bersenang-senang. Meski begitu, jangan lupakan kesehatan, terlebih jika selama ini Anda sudah memiliki tujuan untuk menjaga berat badan.

Nah, ke mana pun destinasi liburannya, Anda tetap bisa melakukan aktivitas yang efektif menurunkan berat badan.

1. Jalan kaki atau naik sepeda
Ada banyak pilihan untuk menikmati suasana kota, tetapi mengapa Anda tak memilih berjalan kaki atau naik sepeda untuk mengunjungi tempat-tempat tujuan wisata tersebut. Selain lebih sehat, Anda juga akan menemukan banyak hal menarik dan tak terlupakan saat berjalan kaki.

2. Olahraga sebelum berangkat
Moda transportasi apa yang Anda gunakan ke tempat tujuan; kereta api, pesawat, bus, atau naik mobil? Apa pun itu, pasti di musim liburan Lebaran seperti sekarang Anda harus menghabiskan waktu cukup panjang di dalam kendaraan.

Sambil menunggu keberangkatan, manfaatkan waktu untuk berolahraga ringan. Berjalan kaki keliling bandara atau peregangan singkat saat beristirahat akan membantu mengurangi rasa bosan sekaligus membakar kalori.

3. Kunjungi pusat kebugaran lokal
Saat memesan hotel, carilah hotel yang memiliki sarana kebugaran, kolam renang, atau paling tidak dekat dengan tempat olahraga. Anda bisa melakukan olahraga di pagi hari. Selain membuat tubuh lebih bugar, aktivitas ini juga meningkatkan motivasi sehingga mood menjadi lebih enak sepanjang hari.

4. Olahraga outdoor
Liburan adalah waktunya berpetualang. Jika tujuan Anda ke daerah pantai, ini saatnya mencoba olahraga snorkling atau berenang. Anda juga bisa bersepeda menyusuri pantai atau bermain bola voli bersama si kecil. Sementara itu Anda dapat mengajak keluarga hiking ke bukit untuk menikmati matahari terbit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com