Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2014, 08:22 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Seringkali kita mengeluhkan dudukan toilet yang kotor sehingga saat harus mendudukinya berbagai persiapan kita lakukan, seperti menyekanya dengan desinfektan, atau melapisinya dengan tisu. Padahal banyak benda di sekitar kita yang mungkin lebih sering digunakan dan lebih kotor daripada dudukan toilet. Apa saja benda itu?

1. Spons cuci piring
Spons mungkin digunakan untuk membersihkan bakteri, namun ternyata benda ini juga sering disinggahi bakteri. Para pakar sepakat, spons cuci piring merupakan sumber bakteri nomor wahid seantero rumah. Rata-rata terdapat 10 juta bakteri per inci persegi dalam spons cuci piring. Karenanya spons cuci piring menjadi benda yang harus sering diganti secara reguler.

2. Tempat cuci piring
Kamar mandi bukanlah tempat yang paling kotor di rumah, melainkan tempat cuci piring. Hampir sama dengan spons, tempat cuci piring bahkan lebih kotor daripada dudukan toilet. Sebuah studi mengungkap, 45 persen tempat cuci piring merupakan rumah bagi bakteri-bakteri seperti Salmonella dan E coli.

3. Remote TV
Beberapa waktu lalu, para peneliti asal UNICEF dan Unilever membandingkan jumlah bakteri dalam remote TV dengan dudukan toilet. Hasilnya, rata-rata pada remote TV terdapat 7.863 bakteri per 100 sentimeter persegi, sementara dudukan toilet hanya sekitar 1.600 bakteri per 100 sentimeter persegi.

4.  Bagian bawah tas wanita
Wanita tanpa sadar menaruh tasnya di lantai, toilet umum, dan permukaan kotor lainnya. Sementara itu, mereka juga menyentuhnya dengan tangan mereka sehingga bakteri dari tas pun berpindah dengan mudah ke benda-benda lainnya. Peneliti asal Inggris bahkan menyebut, tas wanita merupakan benda dengan perpindahan bakteri yang tinggi.

5. Ponsel dan gadget lainnya
Hampir setiap hari kita menggunakan benda ini, namun seberapa sering kita membersihkannya? Umumnya orang selalu ingat untuk mencuci tangan sebelum dan setelah dari kamar mandi, namun pernahkah kita mencuci tangan sebelum atau sesudah memegang ponsel atau gadget lainnya? Tidak heran di permukaan ponsel atau gadget lainnya terdapat bakteri yang menyebabkan penyakit seperti E coli atau Staphylococcus aureus.

6. Keyboard
Meskipun hanya satu orang yang menggunakannya, keyboard komputer mungkin menjadi salah satu benda dengan jumlah bakteri paling banyak. Ini karena papan ketik cukup sulit untuk dibersihkan. Sebelum menggunakan keyboard pun sangat jarang ada orang yang mencuci tangan sebelum atau sesudahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com