Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2014, 14:36 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber foxnews

KOMPAS.com - Banyak orang berpikir kesehatan sangat berkaitan erat dengan biaya yang mahal. Bagaimana tidak, bahan pangan organik yang bebas pestisida umumnya dijual dengan harga yang lebih mahal daripada yang biasa. Tak hanya itu, pemeriksaan kesehatan juga memakan biaya yang tidak sedikit. Maka wajar saja bila orang berpikir demikian.

Namun sebenarnya untuk memelihara tubuh yang sehat, banyak cara mudah yang dapat dilakukan. Dan baiknya, cara-cara ini juga tidak membutuhkan biaya yang banyak.

1. Tanam lebih banyak tanaman
Mungkin sebagian orang menganggap menjadi vegetarian merupakan pilihan gaya hidup yang mahal. Faktanya, daging umumnya dijual lebih mahal daripada sayur mayur. Lagipula bila tidak sepenuhnya dapat hidup tanpa daging, Anda bisa memilih menjadi vegatarian untuk beberapa hari selama seminggu. Nah untuk lebih menghemat pengeluaran dalam membeli sayur, Anda pun bisa menanam sayur sendiri. Selain lebih yakin sehat, sayur yang ditanam sendiri akan menekan anggaran dana belanja makanan.

2. Minum lebih banyak air
Menurut departemen pertanian AS, banyak orang yang tidak minum cukup air setiap hari. Padahal air merupakan elemen penting untuk menjaga kesehatan. Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Saat beraktivitas, tubuh akan kehilangan banyak air, sehingga tubuh pun perlu penggantinya untuk menjaga bentuk dan fungsi tubuh tetap baik.

3. Cukup tidur
Bila tidak cukup tidur, kondisi tubuh tidak akan optimal. Bahkan bila Anda tidak obesitas atau tidak merokok sekalipun, kurang tidur akan mengurangi fungsi tubuh. Dari sisi otak, kurang tidur akan berdampak pada penurunan fungsi kognitif dan mood. Sementara itu pada tubuh, kurang tidur berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, stroke dan diabetes.

4. Peluk orang yang disayangi
Kegiatan ini mungkin terdengar sepele. Namun siapa yang sangka, memeluk dan dipeluk oleh orang yang disayangi akan mengubah reaksi kimia di tubuh. Hormon oksitoksin yang dikeluarkan selama berhubungan seksual dan melahirkan juga akan meningkat saat memeluk atau dipeluk. Saat hormon ini dikeluarkan di aliran darah, tekanan darah dan kadar stres pun akan menurun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com