Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2014, 09:51 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis


KOMPAS.com
 — Pada hari libur Lebaran, aneka makanan enak berlemak memenuhi saluran pencernaan kita. Perut mulai terasa tidak enak. Tubuh pun terasa kurang berenergi. Setelah Lebaran usai, saatnya kita mulai hidup sehat lagi. Caranya bisa melakukan tiga hal berikut ini.

Selalu makan sayur dan buah
Usahakan selalu makan sayur setiap hari. Kalau perlu, buat jus sayuran juga. Untuk camilan, makanlah buah yang sudah dipotong-potong. Makan salad sayuran sebelum makan siang juga menjamin asupan sayuran setiap hari.

Coba makanan baru
Ketika kita tertarik dengan makanan yang ada di piring, kita jadi semangat untuk makan. Oleh karena itu, beranilah mencoba makanan atau resep baru setiap hari. Selain wortel, bit juga bisa dicoba. Sekali-sekali cobalah memasak resep dari mancanegara dengan jenis sayuran berbeda. Mencoba bermacam sayuran bukan hanya menyehatkan, melainkan juga menjamin tubuh kita mendapatkan beraneka ragam vitamin dan mineral.

Siapkan makanan sebelum lapar
Ketika lelah, lapar, dan terburu-buru, kita cenderung makan apa saja yang ada. Untuk menghindarinya, pastikan Anda sudah mempersiapkan makanan sebelum lapar. Siapkan pada malam hari bahan-bahan untuk membuat sarapan dan bekal makan siang. Biasakan juga merencanakan menu makanan. Siapkan juga waktu untuk memasaknya. Hal ini akan menghindarkan kita dari mengambil dan mengunyah makanan apa saja yang ada di sekitar kita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com