Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Hasrat Seks Wanita Tak Sebesar Pria?

Kompas.com - 04/08/2014, 10:34 WIB

KOMPAS.com - Begitu banyaknya perbedaan di antara pria dan wanita sehingga ada yang menyebut kedua gender ini berasal dari planet yang berbeda. Walau begitu, sebenarnya perbedaannya tak sebanyak yang selama ini dianggap orang, termasuk dalam hal seks.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 13.000 orang, diketahui bahwa perbedaan pria dan wanita paling terlihat dalam hal empati dan juga kemampuan berpikir logis. Sementara itu dalam hal takut sukses atau kriteria memilih pasangan, keduanya hampir mirip.

Bagaimana dengan seks? Kabar baiknya, ternyata tidak ada perbedaan tingkat gairah seks antara pria dan wanita. Keduanya sama-sama tahu apa yang bisa membuat mereka terangsang. Meski begitu, pria memang lebih sering memikirkan seks dibanding wanita.

Dalam studi tahun 2011 yang dimuat dalam Journal of Sex Research, para ahli menemukan, rata-rata seorang pria memikirkan seks 19 kali dalam sehari, sedangkan wanita hanya 10 kali.

Pria juga selama ini dianggap memiliki libido yang tak berubah meski usia bertambah. Kecenderungannya memang demikian. Meski berusia di atas 40 tahun, libido pria tak banyak berubah dengan yang masih berusia lebih muda, sementara gairah seks wanita mulai menurun.

Kendati begitu, dalam survei yang melibatkan 806 wanita berusia di atas 40 tahun terungkap bahwa mereka kini merasa lebih puas dengan kehidupan seksualnya. Hampir 70 persen responden juga mengaku sering mencapai orgasme saat berhubungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com