Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2014, 11:11 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Manfaat kacang-kacangan memang beragam, mulai dari memberikan serat pangan bagi tubuh, hingga membantu mengelola gula darah. Khususuntuk kacang almond, telah lama orang mempercayainya sebagai kacang ajaib yang meningkatkan kemampuan otak, baik dalam belajar maupun mengingat. Lantas, benarkah demikian?

Penelitian menunjukkan, almond mengandung protein murni yang sangat baik dalam pembentukan sel otak. Tidak hanya meningkatkan fungsi kognitif, protein ini juga mampu memperkuat memori.

Almond juga kaya akan seng yang berguna untuk menjaga fungsi sistem imun. Seng juga merupakan mineral antioksidan yang penting dalam melawan radikal bebas di dalam aliran darah. Bila tidak segera dimusnahkan, maka radikal bebas akan menyerang dan membunuh sel otak.

Almond mengandung banyak vitamin B6 yang mmampu memperbaiki kesehatan otak. Sementara itu, vitamin E yang juga dikandung oleh kacang ini mampu memperlambat penuaan sel otak yang berhubungan dengan memori.

Asam lemak omega-3 juga banyak ditemukan dalam kacang almond. Diketahui asam lemak ini dapat memperbaiki kesehatan, termasuk pada otak karena membantu memperbaiki persinyalan pada otak.

Peneliti mengatakan, karena kaya akan nutrisi, kacang almond pun dikatakan sebagai makanan super bagi otak. Rasa almond juga cenderung disukai, baik sebagai camilan maupun campuran makanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com