Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan untuk Kulit Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Segar

Kompas.com - 07/08/2014, 12:11 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber foxnews


KOMPAS.com -
Mungkin bukan tanpa alasan jika mojang priangan yang senang mengonsumsi lalapan memiliki kulit yang indah dan cantik. Ternyata ada beberapa jenis makanan yang jika dimakan mentah bisa membuat kulit indah.

Menurut Tanya Zuckerbrot, pakar diet dengan spesialisasi penurunan berat badan dari Amerika Serikat, saat dimakan mentah, kandungan dari bahan-bahan pangan ini tidak rusak oleh proses memasak. Karena itulah, bahan-bahan makanan ini dapat memberikan manfaat optimal, termasuk untuk kesehatan kulit.

1. Sayuran berdaun
Kale dan bayam membantu menjaga kulit tetap kencang karena mengandung fitonutrien yang memberikan proteksi ekstra dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari. Khususnya bayam, sayuran ini sangat baik untuk kesehatan kulit karena mengandung nutrisi seperti beta karoten dan lutein yang terbukti dapat memperbaiki elastisitas kulit.

2. Walnut dan kacang arab (pistachio)
Walnut dan pistachio merupakan sumber vitamin B dan E yang membantu melindungi kulit dari kerusakan sel. Vitamin E merupakan antioksidan poten yang mampu melawan radikal bebas dan oksidasi sehingga mencegah penuaan dini pada kulit. Sedangkan vitamin B1 memperbaiki sistem sirkulasi sehingga membantu membuat kulit lebih sehat dan tampak berkilau.

3. Beri, jeruk, dan apel
Beri mengandung antioksidan penghambat penuaan, sekaligus serat, nutrisi yang membantu mengurangi racun dalam tubuh. Sementara itu, jeruk kaya akan vitamin C, antioksidan poten yang juga membantu meningkatkan produksi kolagen, lapisan yang membuat kulit kenyal dan lembut.

Seperti jeruk, apel juga tinggi kandungan vitamin C yang membantu untuk produksi kolagen. Buah ini juga mengandung tembaga yang berguna untuk produksi melanin, pigmen coklat pada kulit yang berfungsi sebagai pelindung kulit alami dari sinar matahari

4. Wortel
Senyawa kimia (polifenol) dengan sifat antioksidan dalam wortel mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Sayangnya, polifenol akan merusak setelah melewati proses pemasakan. Kandungan vitamin C pada wortel pun sangat mudah rusak setelah dimasak, sehingga sebaiknya sayuran ini dimakan mentah.

5. Lalapan
Vitamin yang banyak terdapat dalam sayuran adalah vitamin C dan B kompleks. Beberapa sayuran juga merupakan sumber vitamin A,D, dan E. Vitamin tersebut merupakan antioksidan alami yang sangat berguna untuk melawan serangan radikal bebas penyebab penuaan dini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com