Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menyenangkan untuk Kurangi Porsi Makan

Kompas.com - 12/08/2014, 07:10 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan memang identik dengan pengaturan pola makan yang menyiksa. Tak heran jika kita sering malas melakukannya. Padahal, ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan namun berdampak cukup besar dalam mengurangi asupan makanan.

1. Hias meja
Meja yang dihias dengan cantik, misalnya dengan menambahkan bunga atau menggunakan peralatan makan yang menarik akan membuat Anda betah berlama-lama di meja makan. Sementara proses makan yang lama diketahui baik untuk pencernaan dan metabolisme. Maka tidak heran orang yang makan lebih lama rata-rata memiliki indeks massa tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan orang yang makan dengan cepat.

2. Makan di luar ruangan
Makan sambil menghirup udara segar dan memandangi banyak orang akan membuat seseorang makan lebih lambat dan merasakan setiap rasa pada makanan dengan lebih baik.

3. Tambah warna pada piring
Yang dimaksudkan dengan menambah warna pada piring adalah dengan menambah warna warni makanan yang ada di dalamnya. Artinya, lebih banyak sayuran sehat berwarna hijau, merah, oranye, atau kuning, serta protein rendah lemak, dan lebih sedikit karbohidrat.

4. Makan dengan porsi kecil namun enak
Rasa seringkali memberikan kepuasan atas makanan lebih baik daripada kuantitas yang dimakan. Maka dengan memperenak rasa pada makanan, orang pun lebih mudah puas untuk makan dalam jumlah yang lebih sedikit.

5. Berbagi dengan teman
Dengan membagikan makanan yang hendak dimakan bersama teman, secara otomatis orang akan mengurangi sejumlah kalori yang seharusnya dimakan.

6. Adakan kompetisi
Bila menemukan orang-orang di sekeliling yang juga memiliki visi yang sama, kenapa tidak adakan sebuah kompetisi sehat yang mampu menambah semangat untuk mencapai tujuan tersebut? Kompetisi juga akan membantu menjaga motivasi Anda untuk tetap melakukan upaya-upaya menghilangkan kalori yang tidak diinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com