Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Arti Mimpi Sering Melihat Orang Berhubungan Intim?

Kompas.com - 21/08/2014, 10:45 WIB


TANYA:

Saya gadis berusia 19 tahun, saya tidak sedang berpacaran. Belakangan  ini saya sering sekali mendapati mimpi melihat orang berhubungan intim layaknya suami istri, baik itu saya kenal orangnya atau tidak, baik itu saya sendiri dengan orang yg tidak saya kenal maupun saya kenal, mantan pacar saya,atau bahkan orang tua saya.
 
Saya sedikit tahu akan hal itu karena dulu saya ingin menjadi seksolog, namun karena dimata orang tua dan keluarga itu tabu, saya berpindah ke ilmu lain, jadi saya selalu mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan seks. Tidak ada tujuan lain selain agar saya mengerti. Namun yang saya bingungkan disini, kenapa saya sering sekali memimpikan hal itu padahal saya tidak terpikirkan akan hal itu. Apa karena saya ingin segera menikah?
 
(Ian, 19),

JAWAB:

Ian yang baik,
Dulu orang berpikir mimpi itu bunga tidur. Ada juga beberapa yang menganggap bahwa mimpi itu adalah suatu cara pikiran bawah sadar untuk keluar karena bila dalam kondisi sadar apa yang dipikirkan itu mungkin terlalu malu atau sungkan untuk dikeluarkan.

Sigmund Freud yang disebut sebagai bapak psikoanalisis bahkan sangat menganggap mimpi itu penting dan membuat buku The Intepretation of Dream.

Mimpi dikatakan muncul pada saat tidur tidak dalam atau fase REM (Rapid Eye Movement). Dalam ilmu psikiatri ada beberapa diagnosis gangguan jiwa yang berhubungan dengan mimpi seperti gangguan mimpi buruk (Nightmare Disorder) yang biasanya berisi mimpi-mimpi buruk dan tidak menyenangkan.

Secara analisis mimpi bisa saja apa yang terjadi pada Ian adalah suatu cara menyalurkan keinginan yang terpendam berkaitan dengan cita-cita Ian dulu. Semoga bisa menjawab pertanyaan Ian.
Salam Sehat Jiwa
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com