Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Usia 2 Tahun, Mengapa Anak Belum Bisa Bicara?

Kompas.com - 22/08/2014, 11:26 WIB


TANYA

Dok mau tanya. Anak saya berusia 2,5 tahun tapi belum bisa bicara. saya sudah terapi & menstimulus tapi belum juga berhasil. Apalagi yang harus saya lakukan? Kemudian pertanyaan lain kenapa anak saya takut ketika berada di tempat permainan seperti Time Zone, padahal saya lihat anak-anak lain malah sangat antusias dengan permainan tersebut? terima kasih
 
Astri Sari, Bekasi

JAWAB :
Sayang sekali informasi tentang si kecil kurang lengkap, seperti belum bisa bicaranya seperti apa, apakah ia berbicara dengan "bahasa planet"? apa saja yang sudah dapat ia ucapkan? apakah ia mengerti apa yang ibu/bapak ucapkan, bagaimana dengan perkembangan kepandaiannya, motoriknya dan apakah sudah sesuai dengan usianya.

Satu hal lain yang penting adalah bagaimana dengan fungsi pendengarannya, karena bila fungsinya tidak optimal maka ia tidak mendapatkan masukan/input perbendaharaan kata-kata yang seharusnya ia tiru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com