Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2014, 11:18 WIB

KOMPAS.com - Kaum pria memang terkenal kurang memperhatikan kesehatannya. Jangankan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, jika ada gangguan penyakit pun mereka enggan berkonsultasi ke dokter. Padahal, sebagai tumpuan keluarga, pria wajib menjaga kesehatannya.

Berikut adalah 4 jenis suplemen yang direkomendasikan untuk kaum adam.

1. Asam lemak omega-3
Berbagai riset menunjukkan bahwa pria memerlukan asam lemak omgega-3 untuk kesehatan jantung dan otaknya. Asam lemak yang satu ini sangat vital dalam fungsi seluler dan juga melindungi arteri dari penumpukan plak.

Omega-3 bisa kita temukan dalam ikan berlemak, tetapi sebenarnya agak sulit untuk memenuhi asupan yang direkomendasikan hanya dari makanan saja. Jika ingin mengonsumsi suplemen omega-3, pilihlah yang mengandung EPA dan DHA. Kedua jenis asam lemak omega-3 ini biasanya dihasilkan dari ikan.

2. Vitamin D
Selama ini vitamin D dikenal penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium. Tetapi studi-studi terkini membuktikan, peran vitamin ini lebih besar dari itu. Salah satunya adalah melindungi jantung dan mencegah stroke serta kanker.

3. Likopen
Antioksidan ini memiliki peran besar dalam pencegahan kanker, khususnya kanker prostat pada pria. Likopen sebenarnya lebih gampang diserap tubuh jika berasal dari sumber alami, yakni tomat. Tetapi kini juga banyak dijual suplemem yang mengandung likopen.

4. CoEnzim Q10
Antioksidan alami ini berperan dalam menjaga kekuatan otot jantung, mengurangi inflamasi, dan memperlambat perkembangan penyakit Parkinson. Jika Anda juga mengonsumsi obat kolesterol atau obat jantung, konsultasikan pada dokter untuk menentukan dosis suplemen yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com