Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/08/2014, 11:25 WIB

KOMPAS.com - Jika ingin memiliki tubuh sehat sampai tua, Anda hanya perlu lebih banyak bergerak, makan sayuran, mengurangi stres, gula, dan sederet kewajiban lainnya. Padahal, menjadi sehat tidak sesulit itu.

Konsep menjaga kesehatan sebenarnya sederhana dan mudah dipahami.  Mari mulai mengakui bahwa yang dibutuhkan sekarang bukanlah lagi pengetahuan tentang kesehatan, tetapi lebih dari itu, aksi nyata.

Sebagai konsumen, Anda bisa mulai mengatur pola nutrisi yang diasup. Selain itu, catat di kepala bahwa kesehatan itu sebenarnya simpel, dapat dilakukan, dan berdampak baik. Nah, apa saja yang perlu digaris bawahi?

1. Kesehatan itu sederhana
Minum lebih banyak air, makan cukup satu porsi, dan menggunakan tangga. Begitu banyak contoh kegiatan menyehatkan yang sesungguhnya mudah untuk dilakukan. BJ Fogg, seorang psikolog Standford yang mendalami perubahan perilaku mengklaim, cara terbaik untuk mengubah kebiasaan bukanlah meningkatkan motivasi, tapi dengan memulai sebuah langkah kecil. Kita tidak perlu 12 tips jika yang bisa dijalankan hanya satu.

2. Kesehatan dapat dipicu
Charles Duhigg, reporter New York Times menulis sebuah buku tentang kebiasaan manusia. Kebiasaan terbagi jadi tiga: pemicunya, rutinitas atau perilaku, dan imbalannya.

Kita perlu mencari kesempatan atau sebuah pemicu dalam aktivitas sehari-hari, misalnya setiap jam 3 siang atau saat perjalanan pulang, untuk menjalankan gaya hidup sehat. Misalnya, saat jam-jam tersebut kita minum segelas air putih atau menggerakkan badan.

3. Kesehatan itu lezat
Supaya sehat kita merasa harus mengurangi ini dan itu. Padahal, membiasakan diri pada aksi sehat seperti latihan mengatur napas di pagi hari atau bersyukur saat makan malam dapat membantu menjaga kondisi tubuh.

Terlepas dari banyaknya masukan, melakukan hal yang sama berulang kali supaya mahir bukanlah hal baru. Malcolm Gladwell menulis dalam bukunya Outliers pada 2008, "Latihan rutin bukanlah sesuatu yang Anda lakukan setelah mahir. Latihan justru Anda lakukan supaya mahir."

Aristoteles pada Nichomachean Ethics di tahun 350 SM juga menulis, "Segala hal yang perlu kita pelajari sebelum kita bisa melakukannya, kita pelajari juga dengan melakukannya."

Sudah saatnya hanya membaca-baca artikel tentang kesehatan, kini waktunya untuk menerapkannya melalui kebiasaan. Mulailah dengan langkah kecil. Ketimbang hanya membagi link tentang artikel kesehatan, jadilah inspirasi bagi mereka.  (Kevin Sanly Putera)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com