Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/08/2014, 18:14 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Cara makannya yang praktis dan rasanya yang enak membuat pisang menjadi buah yang cukup digemari. Namun tak hanya itu, buah ini juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan.

Misalnya, pisang mengandung potasium yang tinggi, untuk ukuran sedang pisang mengandung 422 miligram mineral tersebut yang mencukupi 12 persen dari kebutuhan sehari. Pisang juga mengandung 3 gram serat yang menimbulkan rasa kenyang dan memenuhi 20 persen kebutuhan vitamin C dan B6 harian.

Itu saja tidak cukup, pisang juga mengandung sejumlah manfaat lainnya, berikut di antaranya.

1. Pisang dapat menggantikan minuman olahraga
Bila terbiasa minum minuman olahraga saat latihan, mungkin sekali-kali Anda bisa menggantinya dengan pisang. Studi di jurnal PLOS ONE menganalisis sampel darah dari 14 pesepeda profesional yang sebagian diberikan minuman olahraga dan sebagian lagi diberi pisang untuk dikonsumsi setiap 15 menit selama latihan 2,5-3 jam. Peneliti menemukan, performa kedua kelompok tidak berbeda, bahkan kelompok yang diberi pisang lebih diuntungkan karena pisang juga dapat memberi mereka antioksidan.

2. Pisang mampu mempercepat laju metabolisme
Pisang merupakan sumber pati resisten yang membantu tubuh untuk menjadi lebih langsing. Pati resisten dicerna secara lambat sehingga membuat orang yang memakannya kenyang lebih lama. Pati ini juga membuat organ hati lebih banyak membakar lemak.

3. Pisang menjaga tekanan darah tetap normal
Kandungan potasium dalam pisang dapat meregulasi tekanan darah. Semakin banyak potasium yang dikonsumsi, semakin banyak sodium dikeluarkan oleh tubuh. Ini karena mineral tersebut bersifat diuretik yang memicu ginjal untuk mengeluarkan sodium yang berlebihan sehingga mengurangi tekanan darah. Tekanan darah yang terkontrol memberikan manfaat bagi kesehatan jantung.

4. Baik untuk bakteri usus
Probiotik atau bakteri "baik" dapat memperbaiki sistem pencernaan yang ditemukan dalam makanan tertentu seperti yogurt. Sementara itu, pisang mengandung nutrisi yang dibutuhkan bakteri "baik" sehingga sistem pencernaan tetap sehat.

5. Pisang mengurangi masalah pencernaan
Buah ini dapat membantu mengatasi permasalahan-permasalahan pada sistem cerna. Serat yang ditemukan dalam pisang akan terbagi menjadi dua, serat larut dan tidak larut. Serat larut akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sementara serat tak larut akan membantu "membersihkan" sisa-sisa makanan yang terdapat di usus besar sehingga melancarkan buang air besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com