Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2014, 14:32 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Berhubungan seksual secara rutin merupakan cara yang baik untuk tetap sehat, bahagia, dan intim dengan pasangan. Meski berhubungan seksual merupakan aktivitas alamiah yang dibutuhkan oleh setiap orang, namun seringkali hasrat seksual yang rendah menjadi penghalang untuk melakukannya.

Disadari atau tidak, hal-hal yang kita lakukan sehari-hari mungkin dapat memusnahkan hasrat seksual. Apa saja itu?

1. Konsumsi alkohol
Bila dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit, alkohol mungkin dapat meningkatkan hasrat seksual dan memompa rasa percaya diri, namun konsumsi minuman ini berlebihan berdampak sebaliknya bagi libido. Pasalnya konsumsi alkohol berlebihan berkaitan dengan risiko disfungsi ereksi dan kesulitan orgasme.

2. Konsumsi kafein
Kafein merupakan stiulan yang dapat menurunkan hasrat seksual. Konsumsi kafein dengan moderasi mungkin baik untuk kesehatan, namun bila berlebihan, kafein akan menyebabkan stimulasi berlebihan pada kelenjar adrenal. Bila dibanjiri dengan hormon adrenalin, maka tubuh pun akan merasa stres dan hasrat seksual jadi menurun.

3. Konsumsi kedelai, karbohidrat, dan daging merah
Beberapa makanan memiliki dampak buruk pada libido. Produk keledai misalnya tahu, tempe, atau susu kedelai dapat menurunkan hasrat seksual pria. Karbohidrat dapat mengurangi produksi testosteron, hormon pria yang berperan dalam hasrat seksual. Demikian pula dengan daging merah yang dapat membunuh libido.

4. Kurang olahraga
Saat berolahraga, tubuh mengeluarkan endorfin yang merangsang tubuh mengeluarkan hormon yang berperan dalam menghasilkan hasrat seksual. Olahraga juga akan membantu memperbaiki fleksibilitas dan kekuatan otot yang memperbaiki performa seksual. Olahraga juga memperbaiki sirkulasi darah, termasuk ke organ genital.

5. Olahraga keras
Sementara terlalu sedikit berolahraga dapat menurunkan hasrat seksual, terlalu banyak berolahraga pun punya efek yang sama. Ini juga berhubungan dengan sistem hormon yang dipengaruhi oleh kelelahan akibat olahraga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com