Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2014, 07:41 WIB

TANYA:

Dok, saya mau tanya kenapa bibir saya terlihat hitam? Apakah itu faktor keturunan karena sepertinya saya mengalaminya dari kecil? Apakah ada cara supaya bibir saya tidak terlihat hitam? Misalkan dengan mengkonsumsi makanan tertentu ?
Dina Tri (16), Surabaya

JAWAB:

Halo Dina di Surabaya,
Bibir kehitaman yang telah terjadi sejak kecil, biasa disebut pigmentasi fisiologis pada bibir. Warna tersebut memang didapat sejak lahir, dan hal ini biasa terjadi pada ras Asia, Amerika Selatan, Afro-Amerika, serta suku Aborigin di Australia. Pada sebagian besar ras tersebut, warna kehitaman yang terjadi hanya sebatas pada bagian gusi. Sedangkan di bagian rongga mulut lainnya jarang terjadi kehitaman.

Warna kehitaman pada rongga mulut ini mulai terlihat sejak kecil sampai usia 20an. Biasanya tidak akan bertambah hitam pada saat dewasa, kecuali mendapatkan paparan yang dapat membuat warna tersebut semakin hitam (seperti merokok, pengaruh obat-obatan, dan sebagainya).

Perawatan yang dapat dilakukan untuk bibir atau gusi hitam karena fisiologis adalah menggunakan laser. Menurut beberapa jurnal internasional, perawatan bibir atau gusi hitam menggunakan laser untuk memperoleh warna normal, aman dilakukan dan efek sampingnya minimal.

Fungsi laser pada perawatan ini adalah menghancurkan pigmen, sehingga diperoleh warna bibir dan gusi normal. Namun, karena energi yang digunakan biasanya cukup besar, maka sesi perawatan harus dibagi ke dalam beberapa kali kunjungan.

Persyaratan rongga mulut sebelum mendapatkan perawatan laser harus dalam keadaan sehat. Pada dasarnya perawatan seperti ini aman untuk dilakukan asalkan sesuai dengan prosedur dan dilakukan oleh dokter yang berkompeten.

Demikian Dina, semoga informasinya bermanfaat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com