Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot dan Pramugari Berisiko Tinggi Kanker Kulit

Kompas.com - 04/09/2014, 14:01 WIB

KOMPAS.com - Pilot dan juga awak pesawat dinilai beresiko dua kali lipat menderita kanker kulit melanoma dibandingkan dengan populasi umum. Apa yang menyebabkannya?

Dalam Journal of the American Medical Association, para awak pesawat cenderung lebih sering terpapar radiasi sinar ultraviolet sehingga mereka rentan menderita melanoma.

Intensitas radiasi ultraviolet diketahui meningkat sampai 15 persen untuk setiap ketinggian 3.000 kaki, padahal rata-rata pesawat terbang pada ketinggian 35.000 di atas laut atau lebih tinggi lagi.

Kanker kulit biasanya terkait dengan kulit yang berwarna terang, rambut merah, atau terbakar terik matahari yang hebat, bahkan di usia kanak-kanak.

Salah satu gejala kanker kulit yang perlu diwaspadai adalah lesi kecil di kulit dengan tepi yang tidak beraturan, adanya lesi kehitaman pada telapak tangan, kaki, atau ujung-ujung jari. Waspadai juga tahi lalat yang terlihat berubah, jadi cepat membesar, atau warnanya bertambah hitam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com