Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2014, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Meski area bahu dan punggung tak terlalu sering terekspos, tapi timbunan lemak di area ini bisa menyebabkan rasa tak nyaman. Memang tak mudah membakar lemak hanya pada satu area tubuh saja, tetapi trik berikut ini bisa membantu mempercepat membakar lemak di area punggung.

- Tambahkan latihan kardio
Jika Anda serius ingin menyingkirkan lemak, mulailah lebih serius dengan latihan kardio. Latihan 60 menit lima kali dalam seminggu sangat direkomendasikan. Untuk latihan yang lebih intens, cobalah latihan interval di antara jeda waktu latihan. Latihan interval diketahui memiliki efek pembakaran kalori lebih lama setelah selesai berolahraga.

- Fokus pengencangan
Tambahkan gerakan-gerakan yang bisa memahat bagian punggung atau bahu. Latihan memperbaiki postur dan fokus pada pengencangan otot di bagian ini harus lebih sering dilakukan.

- Lakukan yoga
Latihan beban dan kardio yang berkualitas memang menjadi kunci, tapi berlatih yoga juga akan membantu mengurangi lemak.

- Makan cermat
Pilihlah makanan sehat, bukan hanya saat makan besar tapi juga termasuk sarapan, makan siang, makan malam, dan camilan.

- Sesuaikan nomer pakaian
Memang trik ini tak membantu membakar lemak, tapi memilih pakaian atau bra dengan satu ukuran lebih besar setidaknya bisa membuat Anda lebih nyaman dan tak terlalu stres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com