Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Seks Ideal untuk Penderita Nyeri Punggung

Kompas.com - 13/09/2014, 12:13 WIB

KOMPAS.com - Menderita nyeri punggung bisa membuat kita tak nyaman melakukan berbagai aktivitas fisik, termasuk aktivitas seksual. Dalam kasus serius, pria yang mengalami nyeri punggung malah tak bisa bercinta sama sekali.

Para ahli seks menyarankan satu posisi seks terbaik bagi penderita nyeri punggung, yakni posisi doggy-style. Kesimpulan para ahli dari University of Waterloo, Kanada, ini agak berbeda dengan anggapan banyak orang yang menyebut posisi memeluk sambil menyamping yang paling tepat.

Tim peneliti dari Kanada itu melakukan dokumentasi untuk melihat dengan jelas bagaimana pergerakan tulang punggung ketika seseorang berhubungan seks. Mereka juga menganalisa informasi hasil pengambilan gambar elektromagnetif dan infra merah.

Para ahli tersebut menciptakan sejumlah rekomendasi posisi seksual berdasarkan pada apa yang memicu terjadinya nyeri punggung.

Rekomendasi posisi seks doggy-style ini diberikan untuk mereka yang menderita nyeri punggung flexion-intolerant, yakni yang nyeri punggungnya makin parah ketika mereka menyentuh kaki atau duduk dalam waktu lama.

Ketua peneliti, Natalie Sidokerwicz mengatakan, karena beragamnya jenis nyeri punggung maka tidak ada satu posisi seks yang berlaku sama untuk setiap orang.

"Posisi seks yang cocok untuk satu jenis nyeri punggung belum tentu cocok untuk yang lain," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com