Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2014, 14:57 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com
 — Apakah Anda termasuk wanita yang selalu melepaskan bra sebelum tidur? Memang banyak wanita yang takut tidur dengan menggunakan bra karena ada mitos yang menyebut kebiasaan ini bisa menyebabkan kanker payudara.

Mitos lain menyebut tidur memakai bra bisa membuat payudara menjadi kendur karena bra melemahkan jaringan payudara. Namun, sejauh ini belum ada bukti efek negatif bagi kesehatan jika memakai bra saat tidur.

Menurut Amber Guth, Director of the Breast Cancer Surgery Multidisciplinary Fellowship at NYU Langone Medical Center, tidak ada bukti bahwa menggunakan bra saat tidur bermanfaat maupun berbahaya.

Rumor mengenai kanker ini bermula dari munculnya buku Dressed to Kill tahun 1955. Dalam buku itu dituliskan bahwa menggunakan bra cukup ketat berisiko terkena kanker payudara. Hal itu disebabkan konstruksi pembuluh limfatik pada payudara yang menjebak "racun" dalam tubuh. Tetapi, tidak ada satu pun ilmu pengetahuan yang mendukung pendapat tersebut.

Studi kasus terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention juga tidak dapat menemukan hubungan antara risiko kanker payudara dan penggunaan bra dengan wanita pasca-menopause.

"Risiko serupa, tidak masalah berapa banyak jam per hari perempuan mengenakan bra, baik bra berkawat sekalipun. Atau pada umur berapa mereka pertama kali mulai memakai bra," ujar  peneliti studi Lu Chen, MPH, yang merupakan seorang peneliti di Public Health Sciences Division at Fred Hutchinson Cancer Research Center.

Di samping itu, juga tidak ada bukti manfaat memakai bra saat tidur. Perubahan terhadap payudara Anda yang mengendur biasanya terjadi ketika Anda mulai hamil dan menyusui.

HuffPost Style sendiri melaporkan bahwa perempuan yang memiliki payudara besar kebanyakan ingin memakai bra pada malam hari untuk menyangga payudara mereka.

Jika Anda memilih untuk memakai bra saat tidur, mungkin sebaiknya pilih bra yang nyaman, lembut, dan tanpa kawat. Situs Nemours' Teen Health melaporkan bahwa mengenakan bra yang terlalu ketat dapat membuat payudara Anda iritasi atau membuat Anda sulit tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com