Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2014, 08:40 WIB

TANYA:
 
Dear Dr. Achmad Mediana, SpOG, Dok saya mau tanya kenapa siklus menstruasi saya selalu tidak lancar. Saya bisa datang bulan 2 bulan sekali bahkan lebih dan setiap kali dateng bulan selalu lama bisa sampai 2 - 4minggu.
 
Saya sudah sering periksa ke dokter dan sampai di USG. Dokter selalu bilang kalau saya hanya masalah hormon akibat kecapean. Tetapi untuk 6 bulan ini saya sudah mengurangi aktivitas saya dan pindah kerjaan yang stay di kantor, tetapi masih masih tidak ada perubahan.? Apa ada penyakit sesuatu dalam diri saya ? Dan Bagaimana mengatasinya?
 
Vini (20), Jakarta


JAWAB:

Dear Viny,
Sebelumnya saya ingin tahu Anda sudah menikah atau belum. Melihat umur, kemungkinan Anda masih Nona ya. Bila dari pemeriksaan fisik sebelumnya di nyatakan normal, maka Anda bisa melanjutkannya dengan pemeriksaan hormonal. Bila hasilnya juga normal, maka tidak perlu khawatir. Tidak perlu mendapat pengobatan.

Anda perlu mendapat pengobatan bila ingin hamil saja. Sekarang yang bisa dilakukan adalah Olahraga, olah gizi dan olah stres secara teratur. Demikian pandangan saya.
Semoga berhasil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com