Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2014, 17:19 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Yoga maupun meditasi yang teratur bermanfaat untuk tubuh dan jiwa. Pekerjaan kadang menjadi alasan Anda tidak rutin melakukan yoga. Padahal Anda bisa melakukannya sebelum atau setelah bekerja. Bahkan Anda bisa melakukan yoga maupun meditasi singkat di sela-sela jam istirahat makan siang.

Jangan berpikir tidak ada ruangan di kantor untuk yoga maupun meditasi. Anda bisa menyulap ruang kerja menjadi tempat yang nyaman untuk yoga. Bawalah matras ke tempat kerja. Anda juga bisa memanfaatkan meja dan kursi di kantor untuk melakukan berbagai pose yoga. Berikut lima lokasi di tempat kerja yang bisa dijadikan yoga maupun meditasi.

 
Ruangan kosong
Di kantor Anda mungkin ada ruangan kosong yang jarang digunakan saat jam kerja. Pilih ruangan yang kursi dan mejanya mudah untuk dipindah. Bahkan dapur atau tempat makan siang sekalipun bisa dipakai untuk yoga. Jika ruangan cukup terbuka, untuk mendapat privasi, Anda bisa membawa layar lipat untuk sekat.

Lobi kantor
Area pintu masuk yang terbuka di kantor juga cocok untuk tempat yoga. Namun, lokasi ini tidak bisa digunakan saat jam kerja. Kegiatan Anda bisa menjadi pusat perhatian dan justru mengganggu yang lain.

Anda dan beberapa teman bisa memanfaatkan lobi kantor ini sangat pagi atau sebelum orang-orang kantor datang. Sebaiknya juga malam hari, setelah pegawai lain meninggalkan kantor.

Di sudut ruang kerja
Yoga, jika dilakukan seorang diri tidak akan memakan banyak tempat. Anda bisa memanfaatkan sudut ruang di samping meja kerja Anda. Lokasi ini dapat Anda coba ketika kantor sudah sepi.

Ruang rapat
Di ruang rapat atau ruang konferensi di kantor Anda umumnya terdapat kursi lebih dari 20 orang. Kursi ini bisa Anda manfaatkan untuk yoga maupun meditasi. Ruangan ini sangat memungkinkan untuk banyak peserta yoga.

Meja kerja
Selain kursi, meja juga dapat dimanfaatkan untuk yoga. Coba lah melakukan meditasi singkat dan beberapa pose yoga menggunakan meja kerja Anda.Walaupun hanya sebentar, yoga maupun meditasi dapat menyegarkan tubuh Anda kembali saat kerja.


Jika orang kantor mendukung dan terdapat ruangan yang bisa digunakan untuk yoga, Anda bisa memanggil guru yoga ke kantor. Anda bersama rekan kerja dapat merasakan manfaat melakukan yoga secara teratur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com