Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2014, 07:02 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com
- Pernahkan Anda mengalami stres dalam hidup? Stres bisa saja terjadi karena pekerjaan hingga masalah keluarga. Stres tak hanya bisa berdampak bagi kondisi psikologis seseorang. Tanpa disadari stres berkepanjangan ternyata bisa memicu kadar gula darah naik.

"Ketika stres akan merangsang hormon stres menjadi naik. Hormon stres ini memicu kadar gula darah naik," terang Yunir  terang dokter spesialis dalam di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Em Yunir di Jakarta, Rabu (25/9/2014).

Yunir mengatakan, ketika Anda stres, jangan ditambah dengan rasa emosi yang berlebihan. Emosi juga bisa mempengaruhi kadar gula darah menjadi semakin naik. Untuk itu, Anda perlu meredam emosi ketika merasa stres.

Gula darah yang gampang naik pada akhirnya bisa membuat Anda terkena penyakit diabetes. Diabetes itu terjadi apabila ketika Anda stres dibarengi dengan konsumsi makanan yang memicu gula darah naik. Sejumlah makanan itu diantaranya makanan yang mengandung lemak trans, makanan manis, dan karbohidrat seperti nasi putih dan roti putih.

Selain itu, diabetes tak hanya diderita oleh mereka yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Mereka yang berbadan kurus juga berisiko diabetes.

Yunir mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan penderita diabetes tertinggi di dunia. Hal in diduga karena banyaknya masyarakat yang tidak melakukan pola hidup tidak sehat. Yunir mengimbau masyarakat tidak meninggalkan konsumsi sayur dan buah-buahan segar setiap hari.

"Jangan makan seenaknya. Pilih makanan yang berserat. Itu ada di sayur dan buah-buahan. Selain itu yang mengandung antioksidan, kaya serat ada di buah-buahan warna cerah seperti tomat, wortel," terang Yunir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com