Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2014, 18:00 WIB

Beberapa lagu tercipta untuk mengungkapkan rasa cinta kepada ayah dan ibu. Nada yang indah dan bait yang menyentuh hati membuat banyak orang terenyuh ketika mendengarnya. Tak jarang mereka juga menyanyikan lagu tersebut pada momen-momen bahagia bersama kedua orang tua.

Namun, apakah kita akan terus menyembunyikan perhatian tersebut dalam indahnya nada dan sentuhan bait? Terkadang perhatian dalam bentuk nyata mampu membuktikan kesungguhan cinta kita kepada orang tua. Salah satunya dengan sungguh-sungguh memerhatikan kondisi kesehatan kedua orang tua. Khususnya bagi orang tua yang sudah berusia lanjut.

Bagaimana cara kita untuk menjaga orang tua agar tetap sehat meski usianya sudah lanjut.
Sekitar 80-90% usila (usia lanjut) yang sehat ternyata tidak berbeda jauh dengan mereka yang berusia produktif, jika dilihat dari hasil pemeriksaan laboratorium. Namun, hal itu dapat terjadi jika dilakukan pencegahan terhadap penyakit degeneratif sejak dini.  

Langkah pencegahan seperti apa yang dapat dilakukan agar tetap sehat pada usia lanjut?  Berikut tips menjaga agar tetap bugar dan sehat pada usia lanjut, yaitu :

1. Lakukan hal-hal baru yang membuat otak lebih kreatif, seperti melakukan hobi-hobi yang tertunda.
2. Aktif secara fisik, dengan berolah raga agar otot tetap bugar dan tidak menjadi kaku.
3. Makan makanan yang bergizi (cukup asupan vitamin, mineral dan gizi seimbang).
4. Aktif bersosialisasi maupun kegiatan berkelompok.
5. Mulailah hidup teratur dan tidur yang cukup.
6. Hindari stress diantaranya dengan senyum dan selalu berpikir positif.
7. Lakukan pemeriksaan kesehatan (check up) secara teratur untuk menilai kondisi kesehatan dan mendeteksi penyakit atau faktor risiko yang memicu berkembangnya penyakit di usia lanjut.

Selain melakukan aktivitas fisik yang dapat terlihat dari luar, ternyata pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui kondisi dalam tubuh juga penting dilakukan. Oleh sebab itu, orang tua yang berusia lanjut disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. (Prodia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com