Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2014, 15:28 WIB

KOMPAS.com — Sifat mudah curiga dan pencemburu bukan hanya membuat hidup tidak tenang, melainkan juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit alzheimer di kemudian hari.

Alzheimer adalah penyakit yang menyerang otak dan bisa menyebabkan penderitanya mengalami pikun. Umumnya penyakit ini diderita oleh mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Dalam penelitian terbaru diketahui bahwa orang yang gampang cemas, pencemburu, moody, dan mudah marah pada usia 20-an akan menderita alzheimer pada usia lanjut.

Penelitian ini dilakukan terhadap 800 wanita berusia 30-an dan 50-an. Mereka ditanya mengenai sifat dan kepribadiannya, juga stres yang dirasakan di rumah dan kantor. Pertanyaan tersebut diulang setiap lima tahun sekali.

Ketika penelitian ini berakhir 38 tahun kemudian, sebanyak 153 wanita menderita demensia. Mereka yang memiliki skor paling tinggi pada sifat-sifat neurotik (pencemburu dan pemarah) pada usia pertengahan ternyata yang paling banyak menderita alzheimer.

Orang neurotik yang pemalu dan introvert juga memiliki risiko tinggi. Peneliti mengatakan, mereka yang punya sifat neurotik merasakan stres lebih sering dan ini mungkin berpengaruh terhadap otak mereka. Mereka juga cenderung mempunyai gaya hidup yang tidak sehat.

"Setiap orang tentu pernah mengalami stres atau cemas, tetapi penelitian ini menunjukkan bahwa kepribadian tertentu seperti neurotik terkait dengan stres jangka panjang," kata Dr Clare Walton, dari komunitas alzheimer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com