Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2014, 14:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS — Kesehatan dan pendidikan merupakan kunci kemajuan bangsa. Kedua hal itu dinilai amat penting dalam meningkatkan kualitas manusia. Untuk itu, jaminan kesehatan merupakan satu program yang akan mendorong kenaikan mutu layanan kesehatan.

Wakil Presiden Boediono menyampaikan hal itu dalam sambutannya pada acara penganugerahan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Primary Care Award, di Jakarta, Jumat (3/10). Untuk itu, masyarakat diharapkan mengawal realisasi program Jaminan Kesehatan Nasional agar sesuai harapan.

Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan Fadjriadinur menyatakan, fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama (FKTP) dituntut berperan sebagai tempat pengobatan sekaligus pusat promotif dan preventif kesehatan masyarakat. Untuk itu, perlu inovasi menjalankan peran itu di daerah dengan kondisi dan tantangan beragam.

Fasilitas kesehatan tingkat pertama terdiri atas puskesmas, dokter praktik perorangan, klinik pratama, serta klinik TNI dan Polri. Sejauh ini, menurut Fadjriadinur, peran dan fungsi FKTP diatur berbagai payung hukum dalam program JKN. Meski demikian, implementasi di lapangan belum optimal. Setiap daerah memiliki tantangan tersendiri.

Inovasi layanan

Maka dari itu, inovasi yang dilakukan FKTP dalam menjalankan peran dan fungsi dinilai penting. ”Ada FKTP berinovasi membuat SMS center atau call center. Ada juga yang mendatangkan dokter spesialis dari luar daerah untuk meningkatkan layanan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan, FKTP diharapkan mampu memberi layanan komprehensif. Jadi, selain aspek kuratif dan rehabilitatif, layanan itu meliputi aspek promotif dan preventif.

Untuk mencari praktik terbaik dari sekitar 17.000 FKTP yang ada, BPJS Kesehatan Primary Care Award digelar. Nantinya, praktik dan inovasi layanan terbaik bisa jadi contoh bagi FKTP lain sehingga ke depan mutu pelayanan semua FKTP meningkat demi kepuasan masyarakat.

Kemarin, tim juri BPJS Kesehatan Primary Care Award menetapkan lima FKTP terbaik dari lima kategori. Pemenang kategori puskesmas adalah Puskesmas Kota Bumi II (Lampung Utara) dan Jijin B Irodati (Lamongan) memenangi kategori dokter praktik perorangan.

Adapun Klinik Griya Husada II (Karanganyar) menjadi pemenang kategori klinik pratama, Balai Pengobatan Dinas Kesehatan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut II (Padang) memenangi kategori klinik TNI, dan klinik Polres Kabupaten Bekasi menjadi pemenang kategori klinik Polri.

Kepala Puskesmas Kota Bumi II Yoane Lisa menyatakan, Puskesmas Kota Bumi II memiliki program unggulan, yakni pengelolaan penyakit kronis terintegrasi dengan taman refleksi dan kunjungan rumah. Klub diabetes dan hipertensi dibuat sebagai upaya mengelola warga dengan diabetes dan hipertensi.

Pihaknya punya program untuk mengedukasi masyarakat terkait kesehatan. ”Kami memiliki jadwal senam bersama juga kunjungan petugas medis ke rumah pasien. Hal ini semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Yoane. (ADH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com