Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/10/2014, 15:00 WIB

TANYA:

Dokter, saya pemuda 29 tahun, dahulu hobi bergonta ganti pasangan. Tetapi sudah 1.5 tahun ini bertobat dan single dulu. Yang jadi masalah adalah kenapa sekarang ini ereksi tidak bisa sekeras dulu ya? Padahal saya berolah raga 2x-3x seminggu, makan cukup dan tidur teratur.

Apakah karena berhenti berhubungan seksual menjadi masalah pada ereksi? Kira-kira sebaiknya apakah saya harus rutin berhubungan lagi atau bagaimana ya agar tidak impoten atau mandul? Terimakasih Dokter
Joni (29), Tangerang

JAWAB:

Kualitas ereksi dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain rangsangan dari pasangan. Kalau sekarang Anda merasa ereksi tidak sekeras dulu, apakah itu terjadi ketika akan melakukan hubungan seksual? Bukankah Anda katakan sekarang tidak punya pasangan?

Kalau benar tidak punya pasangan, berarti ereksi terjadi bukan ketika akan melakukan hubungan seksual. Dengan kata lain, mungkin ereksi yang terjadi karena rangsangan sendiri atau karena rangsangan melalui audivisual atau ereksi yang terjadi spontan pada malam atau pagi hari.

Tentu saja tidak dapat dibandingkan dengan ereksi yang terjadi ketika melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Jadi tidak ada alasan merasa khawatir mengalami gangguan ereksi.    

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com