Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2014, 16:45 WIB

TANYA:
Dok, testis sebelah kiri saya mengecil dan hilang saat saya masih SMP, mungkin penyebabnya karena benturan. Sekarang saya hanya punya 1 testis, ukurannya pun biasa saja. Pertanyaan saya,  apa saya bisa punya keturunan??
Samar (19), Bekasi.

JAWAB:
Kalau benar Anda hanya mempunyai satu testis, berarti testis yang satu lagi tidak turun ke dalam kantungnya. Jadi testis itu tetap tinggal di bagian atas tetapi sudah tidak berfungsi.

Dengan satu testis, mungkin saja kesuburan Anda normal kalau testis yang ada berfungsi lebih baik. Nah fungsi yang lebih baik ini ditandai dengan volume yang lebih besar dari sebenarnya. Tetapi kemungkinan lain, kesuburan Anda terganggu karena hanya satu testis yang berfungsi. Untuk mengetahui bagaimana kesuburan Anda tentu diperlukan pemeriksaan pada testis dan sperma Anda.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com