Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2014, 07:00 WIB


KOMPAS.com -
Meski masa nifas telah selesai, banyak ibu yang baru melahirkan merasa gairah seksualnya padam. Bagaimana cara menyalakan kembali gairah seks tersebut?

Berhubungan seksual setelah kehadiran si buah hati memang berbeda. Apalagi menurut Madeline Castellanos, psikiater, banyak ibu yang baru melahirkan mengalami gangguan seks berupa vagina kering karena faktor hormonal.

Meski begitu ibu yang berusia muda kerap lebih cepat mendapatkan kembali gairah seksualnya. "Makin tua usia ibu, makin besar dampak perubahan hormonal yang dirasakan. Demikian juga pada ibu yang sudah memiliki beberapa anak sehingga sudah beberapa kali mengalami perubahan hormonal," kata Castellanos.

Setelah melahirkan, ada beberapa faktor yang membuat ibu baru kehilangan gairah seksual. Faktor terbesar adalah hormon. Ketika hamil tubuh akan memompa estrogen untuk menciptakan lingkungan terbaik bagi pertumbuhan bayi. Hormon ini akan turun dalam sebulan atau beberapa minggu setelah persalinan.

Menyusui juga dapat menyebabkan vagina menjadi lebih kering. "Faktor biologis ini ditambah dengan kurang tidur karena sibuk mengurus bayi, tentu sangat sulit memiliki kehidupan seks yang normal," katanya.

Salah satu cara mengembalikan hasrat seksual dengan cepat adalah dengan menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh. Caranya, kembali ke pola makan yang sehat.

"Saran tersebut memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, apalagi ada bayi yang harus diurus. Tapi ini sangat penting," katanya.

Memperbaiki pola makan bisa dilakukan dari hal-hal kecil, misalnya mengurangi gula atau makanan tinggi karbohidrat. Ibu menyusui memang tidak disarankan untuk diet terlalu ketat, tetapi kita bisa membatasi asupan tidak sehat.

Konsumsi protein dan lemak sehat seperti alpukat agar hormon kembali seimbang. Zinc, selenium, dan vitamin B juga bisa membantu.

Berolahraga juga sangat penting. Selain menghasilkan energi olahraga juga menjadi cara yang paling efisien untuk menyeimbangkan semua hormon tubuh.

Sebuah penelitian juga telah menunjukkan, wanita yang aktif bergerak dapat menikmati seks lebih baik, dikarenakan adanya peningkatan aliran darah dan meningkatkan hormon testosteron.

Agar lebih rileks, luangkan waktu untuk memanjakan diri. Bersantai dan menikmati apa yang disukai ketika bayi tidur. Meski Anda belum bisa menikmati seks seperti dulu, tapi jangan abaikan suami. Pelukan dan ngobrol dari hati ke hati bisa membantu mendekatkan kembali hubungan.

Jika gairah seks Anda tetap belum kembali setelah beberapa bulan, jangan segan untuk berkonsultasi ke dokter. (Eva Erviana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com