Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2014, 07:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber Daily Mail


KOMPAS.com -
Kasus implan payudara bocor di Inggris meningkat lebih dari lima kali lipat dalam tiga tahun terakhir. Rupanya makin banyak wanita yang ingin punya payudara kelewat besar meniru model Katie Price yang dikenal membesarkan payudaranya.

Dilaporkan lebih dari 1.500 kasus implan payudara pecah sepanjang 2012/2013. Sementara di tahun 2009/2010 kasus itu hanya meliputi 293. Mantan presiden British Association for Aesthetic Plastic Surgeons mengatakan,"Semakin banyak wanita menginginkan payudara yang lebih besar lagi. Padahal semakin besar, semakin banyak masalah. Implan besar amat terpengaruh oleh gravitasi. Seperti halnya sekantung ikan emas berdesir ketika diangkat, implan besar juga dapat berdesir."

Belakangan ini beredar implan murahan yang tak sesuai standar sehingga kemungkinan rusak pun besar. Beberapa tahun lalu dilaporkan perusahaan Perancis Poly Implant Prothese (PIP) sempat memproduksi implan menggunakan silikon untuk keperluan industri pembuat kasur.

Sekitar 50 ribu wanita di Inggris dan 400 ribu di seluruh dunia terkena skandal ini. Skandal terungkap setelah dokter menemukan sejumlah besar implan bocor. Pendiri PIP Jean-Claude Mas dipenjara empat tahun karena kesalahan itu.

Dari laporan 2.427 masalah implan payudara pada 2012 dan 2013, hampir separuhnya berkaitan dengan kebocoran.

Department of Health Inggris mengatakan sekitar 30 ribu operasi implan payudara dilakukan setiap tahun. Sebagian besar wanita yang menjalaninya tak mendapatkan masalah.

Katie Price, model dan selebriti asal Inggris pertama kali menjalani implan payudara di usia 18. Saat itu ia mengubah ukuran dari 32B ke 32D. Sejak itu ia sudah menjalani enam operasi.

Operasi keempatnya di Los Angeles membesarkan ukuran menjadi 32GG. Setelah bertemu suami pertamanya yang bernama Peter ANdre ia menjalani operasi pengurangan implan. Ia berharap pengurangan ukuran dada ke 32C tetapi hanya bisa ke ukuran 32F. Ia tak terlalu senang dengan hasilnya. Payudaranya terlihat terlalu berjauhan. Kemudian ia menjalani operasi kembali. Total ia sudah menghabiskan lebih dari 100 ribu poundsterling (sekitar dua milyar rupiah) untuk operasi plastik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com